MotoGP

5 Negara yang Bersaing Jadi Tuan Rumah MotoGP

Rabu, 26 April 2017 20:02 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
 Copyright:

Ajang balapan motor MotoGP menjadi salah satu event balapan yang paling bergengsi di dunia. Jutaan pasang mata tak berkedip saat menyaksikan Valentino Rossi atau Jorge Lorenzo memacu tunggangan mereka di atas lintasan demi berdiri di atas podium tertinggi.

Maka tak heran dengan banyaknya jumlah penikmat balapan MotoGP, berbagai negara berebut untuk menjadi tuan rumahnya. Selain meningkatkan keuntungan material dari segi pariwisata, menyelenggarakan balapan MotoGP juga mampu mengangkat gengsi suatu negara.

Indonesia pun tak mau kalah untuk masuk di dalam kalender balapan MotoGP musim depan. Namun kita tampaknya harus bersabar, karena sejumlah negara lain sudah antre dan mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah. Beberapa negara sudah memiliki sirkuit yang siap, sebagian lagi masih harus menyelesaikan pembangunan dan mengejar standar lintasan yang bisa dipakai untuk balapan.

Bos Dorna sebagai penyelenggara MotoGP, Carmelo Ezpeleta, sebelumnya sudah menyatakan bahwa tak akan ada lebih dari 20 seri balapan MotoGP per tahunnya. Ini berarti ada dua spot tersisa yang diperebutkan di kalender balapan musim depan.

Berikut INDOSPORT merangkum negara-negara yang sudah mengajukan diri sebagai tuan rumah MotoGP 2018.