MotoGP

5 Pembalap MotoGP Terbaik Asal Negeri Matador

Jumat, 9 Juni 2017 17:46 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Grafis:Yanto/Indosport/getty images
Marquez, Lorenzo, dan Gibernau. Copyright: © Grafis:Yanto/Indosport/getty images
Marquez, Lorenzo, dan Gibernau.

Spanyol adalah satu negara yang konsisten menghasilkan atlet-atlet terbaik dunia di berbagai cabang. Sebut saja Xavi Hernandez di sepakbola, Rafael Nadal di tenis, dan Fernando Alonso di Formula 1. Begitu pula di ajang balapan motor paling bergengsi, MotoGP.

Tercatat Spanyol memiliki banyak pembalap berprestasi di cabang balap motor di semua kelas. Sejak lebih dari 60 tahun silam, Negeri Matador sudah aktif mengirimkan para pembalapnya, bahkan menjadi salah satu tuan rumah penyelenggara balapan di semua kelas.

© Motorcyclist
Podium GP Spanyol 2016. Copyright: MotorcyclistPodium GP Spanyol 2016.

Di era modern sendiri, Spanyol mengelola lebih dari satu kali sirkuit sebagai event di kalender MotoGP setiap musimnya. Seperti musim ini, tercatat Spanyol mengadakan balapan empat kali, yakni GP Spanyol, GP Catalunya, GP Aragon, dan GP Valencia.

Baca Juga

Dari segi pembalap, Spanyol tak pernah kekurangan rider-rider berbakat yang bersaing ketat di kejuaraan dunia di semua kelasnya. Berikut INDOSPORT telah menghimpun lima pembalap MotoGP terbaik asal Spanyol, dari mulai juara dunia pertama asal Spanyol, hingga tiga pembalap yang masih aktif membalap hingga kini untuk merebut podium teratas.