ARRC 2017

Puasa, Galang Hendra dan Wahyu Aji Tetap Latihan Fisik

Kamis, 22 Juni 2017 10:18 WIB
Editor: Gema Trisna Yudha
© Yamaha Racing Indonesia
Galang Hendra Pratama usai berlatih sore hari di bulan Ramadan. Copyright: © Yamaha Racing Indonesia
Galang Hendra Pratama usai berlatih sore hari di bulan Ramadan.

Dua pembalap Indonesia, Galang Hendra Pratama dan Wahyu Aji Trilaksana, tetap melakoni latihan fisik meski tengah menjalani ibadah puasa. 

Agar tak mengganggu kekhusyukan puasa, kedua pembalap Yamaha Racing Indonesia ini melakukan perubahan pada porsi dan jadwal latihan. Keduanya merupakan pembalap yang berkompetisi di ajang Asia Road Racing Championship (ARRC) 2017.

© Yamaha Racing Indonesia
Galang Hendra Pratama usai berlatih sore hari di bulan Ramadan. Copyright: Yamaha Racing IndonesiaGalang Hendra Pratama usai berlatih sore hari di bulan Ramadan.

Galang Hendra yang tampil di kelas Asia Production 250 cc (AP250) di ajang ARRC 2017 ini, mengaku tetap menjalani latihan fisik setiap hari. Adapun latihan yang dilakukan adalah latihan flat-track di pinggir pantai, dan latihan supermoto.

“Jadi dari Senin hingga Jumat. Kadang pagi atau sore hari jelang buka puasa. Masing-masing punya porsi sendiri sesuai dengan kemampuan fisik saya saat menjalani puasa ini,“ tambah Galang Hendra.

Baca juga:

Sementara itu, Wahyu Aji memilih waktu latihan yang ia lakukan. Jika biasanya latihan dilakukan pada pagi hari sekitar pukul 07-10.00 WIB, selama bulan Ramadan dialihkan menjadi sore hari.

"Saya latihan fisik di rumah saja selama puasa ini karena di rumah ada sekitar 11 alat fitness termasuk treadmill. Hanya saja memang motokros libur dulu selama puasa ini, “ ucap Wahyu Aji yang tampil di kelas Underbone 150 cc (UB150).

© Yamaha Racing Indonesia
Wahyu Aji Trilaksana melakukan latihan fisik di bulan Ramadan. Copyright: Yamaha Racing IndonesiaWahyu Aji Trilaksana melakukan latihan fisik di bulan Ramadan.

“Dalam seminggu, saya jeda setiap dua hari. Misal Senin, Selasa fisik, maka Rabunya tidak. Atau Kamis, Jumat, Sabtu fisik, Minggunya istirahat. Juga kadang-kadang latihan teknik balap di Sentul Kecil dan Sentul Besar,“ tambah Wahyu Aji yang tahun lalu meraih gelar juara ARRC 2016 kelas Underbone 130 cc (UB130).