MotoGP

Pembalap AS Akan Gantikan Nicky Hayden di Tim Honda

Selasa, 4 Juli 2017 18:49 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© JAVIER SORIANO/AFP/Getty Images
Nicky Hayden selebrasi saat juara MotoGP Valencia pada 2006. Copyright: © JAVIER SORIANO/AFP/Getty Images
Nicky Hayden selebrasi saat juara MotoGP Valencia pada 2006.

Kepergian Nicky Hayden pada 22 Mei lalu akibat kecelakaan sepeda, meninggalkan posisi kosong di dunia balap motor. Juara dunia MotoGP 2006 ini meninggal dunia pada usia 35 tahun di Italia, setelah tak mampu berjuang melewati kondisi kritis akibat kerusakan otak dan dada yang parah.

Ia pun meninggalkan satu tempat lowong di tim Red Bull Honda yang akan lanjut berlaga di kancah World Superbike Championship. Pada akhirnya, tim memilih pembalap Amerika Serikat lainnya, Jake Gagne, sebagai pengganti Hayden.

© INDOSPORT
Jake Gagne didaulat sebagai pengganti Nicky Hayden. Copyright: INDOSPORTJake Gagne didaulat sebagai pengganti Nicky Hayden.

Gagne sendiri sebelumnya membalap di ajang MotoAmerica Superbike Championship. Pembalap 24 tahun ini juga telah menorehkan sejumlah prestasi, seperti menjuarai Red Bull Rookies Cup di usia 18 pada 2010, Daytona SportBike Championship pada 2014, dan MotoAmerica Superstock 1000 Championship setahun setelahnya.

Baca Juga

Ini menjadi debut Gagne di ajang kejuaraan dunia Superbike. Ia akan berpasangan dengan mantan rekan Hayden, Stefan Bradl, dalam balapan seri Amerika Serikat di Sirkuit Laguna Seca, 7 hingga 9 Juli mendatang.

"Bagi saya, ini adalah mimpi yang terwujud dan sebuah kehormatan besar untuk mendapat kesempatan membalap di ajang World Superbike Championship bersama tim yang bergengsi. Ini adalah kesempatan besar dan saya akan melakukan yang terbaik dan belajar sebanyak mungkin," komentar Gagne seperti dikutip dari laman resmi tim.

"Kehilangan Nicky sangat sulit bagi kami semua, tetapi saya tahu ia akan menyaksikan kami dan semoga saya membuatnya bangga. Laguna Seca akan selalu menjadi trek spesial baginya dan saya merasa terhormat bisa membalap di depan pendukung sendiri dan menunjukkan apa yang saya bisa," lanjutnya.

© INDOSPORT
Jake Gagne didaulat sebagai pengganti Nicky Hayden. Copyright: INDOSPORTJake Gagne didaulat sebagai pengganti Nicky Hayden.

"Jake adalah pembalap muda berbakat yang sudah paham dengan motor Fireblade dari membalap di MotoAmerica Superbike Championship, dan juga telah membalap dan menang di Laguna Seca. Kami menantikan untuk menyambutnya ke dalam tim dan memberikan dukungan terbaik untuk debutnya di Wold Superbike," tutur Manajer Tim Red Bull Honda, Ronald ten Kate.

"Nicky terkenal dengan dukungan luar biasanya terhadap pembalap-pembalap muda, terutama sesama pembalap AS dan selalu bersedia untuk diajak bicara dan menawarkan saran. Jadi saya merasa ini jalan sempurna untuk menghormatinya di Laguna Seca," tandasnya.