Formula 1

Bottas Juara di Austria, Hamilton Lewati Rekor Schumacher

Minggu, 9 Juli 2017 21:04 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

Hasil memuaskan berhasil direbut pembalap Mercedes, Valtteri Bottas dengan menjuarai Grand Prix Austria 2017 di Sirkuit Red Bull Ring pada Minggu (09/07/17).

Keberhasilan ini menjadi podium juara kedua Bottas bersama Mercedes, sekaligus selama berkarier sebagai pembalap jet darat.

Baca Juga

Jalannya Balapan

Ketika lampu hijau tanda dimulainya balapan menyala, balapan sudah diwarnai dengan aksi tabrakan di belokan pertama Sirkuit Red Bull Ring.

Pembalap muda Red Bull, Max Verstappen tiba-tiba saja kehilangan kendali atas mobil RB13 miliknya. Parahnya, saat kehilangan kendali, mobil Verstappen ikut menabrak mobil pembalap lain.

Fernando Alonso yang memperkuat McLaren harus ketiban sial akibat insiden yang diawali oleh Verstappen tersebut. Akhirnya, kedua pembalap itu pun harus menerima kenyataan gagal menyelesaikan balapan.

Bagi Verstappen, ini merupakan kali ketiganya secara berturut-turut selalu gagal menyelesaikan balapan. Sebelumnya, saat melakoni balapan GP Kanada dan Azerbaijan, pembalap asal Belanda itu juga harus menyelesaikan balapan lebih dulu akibat insiden.

Pasca belokan pertama Sirkuit Red Bull Ring, pembalap Mercedes melakukan manuver bagus yang membuatnya menjadi pembalap terdepan, disusul Sebastian Vettel dari tim Ferrari di urutan kedua.

Saat balapan memasuki putaran ke-30, petaka menghampiri pembalap Haas, Kevin Magnussen. Mobil pembalap asal Denmark itu tiba-tiba saja mengeluarkan asap tebal. Tidak ingin menjadi bencana, Haas pun memutuskan agar Magnussen tidak melanjutkan balapan dengan alasan keamanan.

Memasuki putaran ke-40, Bottas yang terus memimpin di posisi terdepan sempat disalip oleh Vettel, lantaran masuk ke pit stop untuk mengisi bahan bakar dan mengganti ban. Namun, tidak butuh waktu lama, ia berhasil kembali merebut posisi terdepan.

Hingga akhir balapan, Bottas yang dominan sejak babak kualifikasi berhasil keluar sebagai pemenang di GP Austria 2017. Disusul oleh Vettel di tempat kedua dan Daniel Ricciardo di urutan ketiga.

Rekan satu tim Bottas, Lewis Hamilton sendiri hanya bisa puas finis di peringkat empat. Hanya saja dalam balapan itu, Hamilton berhasil membuat rekor membanggakan.

Bagaimana tidak, Hamilton kini menjadi manusia terdepat di GP Austria dengan catatan terbaik 1 menit 7,867 detik. Ia melampui rekor yang dibuat Michael Schumacher pada 2003 silam yang menorehkan catatan waktu 1 menit 8,337 detik.

Atas hasil balapan GP Austria 2017 ini, Vettel masih perkasa di puncak klasemen sementara dengan torehan 171 poin. Hamilton di tempat kedua dengan 151 poin dan Bottas di tempat ketiga dengan koleksi 136 poin.