MXGP Palembang Jadi Dongkrak Citra Indonesia di Asian Games 2018

Senin, 4 September 2017 12:42 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Twitter Imam Nahrawi
Pembalap Crosser sedang beraksi di Pangkalpinang. Copyright: © Twitter Imam Nahrawi
Pembalap Crosser sedang beraksi di Pangkalpinang.

Palembang akan menjadi tuan rumah bagi kejuaraan motorcross dunia, MXGP yang rencananya akan diselenggarakan pada 8 Juli 2018 mendatang. 

© Twitter @mxgp
Shaun Simpson memenangi race pertama MXGP Indonesia. Copyright: Twitter @mxgpShaun Simpson memenangi race pertama MXGP Indonesia.

Dilansir harian Kompas, Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI), Alfonsus Judiarto menanggapai hal tersebut sebagai sebuah ajang untuk mengenalkan Indonesia yang akan menjadi penyelenggara Asian Games 2018 nanti. 

"Lomba berkelas dunia itu adalah event yang dapat dijual untuk menarik wisatawan dari dalam dan luar negeri," ungkap Judiarto. 

Dirinya beranggapan bahwa perlu keseriusan lebih bagi pemerintah provinsi Sumatera Selatan dalam menyiapkan ajang olahraga motor internasional tersebut. 

IMI sendiri telah kembali mengingatkan kepada pihak pemerintah untuk segera melunasi pembayaran dana penyelenggaraan kompetisi itu yang jatuh pada 6 September nanti. 

"Pemprov Sumsel perlu segera menyelesaikan pembayaran itu agar Indonesia tidak tercitrakan buruk di Federasi Motor Internasional atau FIM," jelas Wakil Ketua Umum IMI, Medya Saputra. 

© Twitter @dollydoldol
Caption Copyright: Twitter @dollydoldol
Salah satu motorcross milik peserta kompetisi yang terjebak dalam lumpur sirkuit.

Pasalnya, Indonesia sendiri bermimpi kuat untuk mendatangkan ajang balap motor internasional, MotoGP ke tanah air. Citra buruk mesti dihindari oleh Indonesia kepada promotor MXGP, Youthstream dengan segera menepati kesepakatan tersebut.

Pemprov sendiri telah menyiapkan 15 hektare tanah di Jaka Baring untuk menjadi arena sirkuit MXGP 2018 nanti.