Formula 1

Raikkonen Tabrak Vettel, Hamilton Kuasai GP Singapura

Minggu, 17 September 2017 21:49 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Lewis Hamilton berhasil finish di urutan pertama di GP Singapura 2017. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Lewis Hamilton berhasil finish di urutan pertama di GP Singapura 2017.

Lewis Hamilton berhasil mengakhiri catatan buruknya saat balapan di Sirkuit Marina Bay yang selalu gagal juara dalam kurun dua tahun terakhir. Di balapan GP Singapura 2017, pembalap asal Inggris itu sukses menjadi yang tercepat dalam balapan yang banyak memakan 'korban' tersebut.

Jalannya Balapan

Hanya beberapa detik saja sejak lampu hijau muncul sebagai tanda dimulainya balapan, kecelakaan mengerikan langsung terjadi.

Bagian ban belakang Kimi Raikkonen tanpa sengaja menyenggol ban depan mobil Verstappen yang berada di belakangnya. Kejadian itu pun membuat Raikkonen kehilangan kendali.

Malang bagi Sebastian Vettel yang merebut pole position di sesi kualifikasi pada Sabtu (16/09/17) kemarin, dirinya menjadi korban laju mobil Raikkonen yang tidak terkendali. Alhasil, baik Vettel, Raikkonen, dan Verstappen harus menyelesaikan balapan lebih cepat.

Kejadian buruk yang menimpa Vettel itu pun mampu dimanfaatkan dengan baik oleh Hamilton. Dengan tenang dan hati-hati, sahabat baik Serena Williams tersebut mengendalikan kecepatan mobilnya di atas lintasan yang basah akibat hujan.

Saat balapan memasuki putaran keenam, mobil pembalap McLaren, Fernando Alonso juga mengalami kerusakan yang membuatnya tidak bisa menyentuh garis finis GP Singapura 2017.

Hingga menjelang putaran-putaran akhir, Hamilton masih tidak terkejar dari posisi depan hingga akhirnya ia berhasil keluar sebagai pemenang GP Singapura 2017. Tempat kedua sendiri ditempati oleh Daniel Ricciardo dari tim Red Bull Racing. Sementara rekan setim Hamilton, Valterri Bottas harus puas finis di tempat ketiga.

Dengan kemenangan di GP Singapura 2017 tersebut, Hamilton kini semakin kukuh di posisi puncak klasemen sementara dengan koleksi 263 poin. Sementara Vettel masih di posisi runner up dengan catatan 235 poin.