Formula 1

Vettel Pimpin Sesi Latihan Bebas Pertama GP Jepang

Jumat, 6 Oktober 2017 09:48 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© INDOSPORT
Pembalap Ferrari, Sebastian Vettel, memenangi balapan Formula 1 GP Hungaria di Sirkuit Hungaroring. Copyright: © INDOSPORT
Pembalap Ferrari, Sebastian Vettel, memenangi balapan Formula 1 GP Hungaria di Sirkuit Hungaroring.

Sesi latihan bebas pertama GP Jepang di Sirkuit Suzuka berlangsung di atas lintasan kering, meski diwarnai tanda-tanda akan hujan, Jumat (06/10/17). Seluruh tim menurunkan para pembalap intinya, jadi tak ada wajah baru dari 20 pembalap yang tampil.

Di awal sesi, Lewis Hamilton mencatat waktu tercepat. Di belakangnya, terpaut 0,185 detik, menyusul sang rekan setim Valtteri Bottas dan juga Kimi Raikkonen.

Pembalap Toro Rosso, Carlos Sainz, mengalami insiden pertama saat menubruk pembatas setelah melewati tikungan 11. Meski mobilnya terlihat rusak parah, untungnya pembalap 23 tahun ini tak terluka sedikit pun. Bendera merah dipasang dan sesi latihan ditunda sementara untuk membersihkan lintasan dari puing-puing mobil Sainz.

Di akhir sesi, Hamilton tak mampu mempertahankan kecepatannya dan klasemen akhir sesi latihan bebas pertama dipimpin oleh Sebastian Vettel. Pembalap Ferrari ini mencatat waktu 1 menit 29,166 detik usai melakoni 23 putaran.

Saat hujan deras turun di sisa akhir sesi, Vettel pun tak terkalahkan. Hamilton akhirnya mengunci posisi kedua dengan gap 0,211 detik dan Daniel Ricciardo menguntit di posisi ketiga.

Max Verstappen yang baru saja memenangkan GP Malaysia pekan lalu, hanya berada di posisi keenam dengan waktu putaran tercepatnya 1 menit 30,762 detik. Sementara Bottas berada satu peringkat di atasnya di posisi lima besar.

© Twitter/Formula 1
FP1 GP Jepang. Copyright: Twitter/Formula 1FP1 GP Jepang.