GP Jepang

Catat Sejarah, Hamilton untuk Pertama Kali Pole Position di Suzuka

Sabtu, 7 Oktober 2017 14:55 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Joko Sedayu
© @LADbible
Lewis Hamilton Copyright: © @LADbible
Lewis Hamilton

Pembalap Mercedes, Lewis Hamilton meraih pole position pertamanya di Sirkuit Suzuka untuk pertama kalinya. Hamilton berhasil mencatat waktu 1 menit 27,791 detik dan menjadi rekor terbaru baginya. 

Meski mencatat kemenangan di Sirkuit Suzuka pada GP Jepang musim 2014 dan 2015, Hamilton tidak memulai race dari start terdepan. Pembalap 32 tahun itu mencatat pole position di GP Jepang ketika digelar di Sirkuit Fuji pada musim 2007 dan 2008 bersama McLaren.

Lain halnya dengan pembalap Ferrari, Sebastian Vettel yang harus memulai balapan besok, Minggu (08/10/17), di posisi kedua. Vettel tertinggal 0,452 detik di belakang Hamilton. 

Pada babak kualifikasi ini, duo Red Bull, Max Verstappen dan Daniel Ricciardo, terpaut satu detik dari catatan waktu yang ditorehkan oleh Hamilton. 

Rekan setim Hamilton di Mercedes, Valteri Bottas, harus merelakan posisi startnya besok, yang ditempati oleh Vettel. Pasalnya, Bottas dikenai penalti lima grid. 

Sebelumnya, dalam kesempatan kualifikasi yang pertama, balapan sempat terhenti akibat dari kecelakaan yang menimpa Romain Grosjean. Ia tak mampu mengendalikan mobilnya saat di Dunlop Curve sebelum akhirnya melintir dan bagian belakang mobilnya menabrak dinding pembatas.

"OK, ada sesuatu yang salah dengan mobilnya, tapi saya baik-baik saja. Oversteer yang masif," ujarnya saat berkomunikasi dengan tim radionya. 

© Internet
Pierre Gasly (Abu Dhabi GP2) Copyright: InternetPierre Gasly 

Pembalap muda Pierre Gasly yang menggantikan Daniil Kyvat di Toro Rosso harus puas tereleminasi pada sesi kualifikasi pertama, disusul Grosjean, Lance Stroll, Marcus Erricson, dan Pascal Wehrlein. 

Rekan setim Vettel di Ferrari, Kimi Raikkonen alami kecelakaan dalam sesi latihan bebas terakhir jelas babak kualifikasi. Dilansir Motorsport, pembalap Finlandia itu dikenai penalti lima grid akibat melakuan pergantian girboks.