Naik Podium di GP Jepang, Marquez Toreh Rekor Tersendiri

Minggu, 15 Oktober 2017 17:07 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© INDOSPORT
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez. Copyright: © INDOSPORT
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez.

Tidak cukup banyak yang menyadari bahwa pada GP Jepang musim ini, pembalap Honda Marc Marquez mencatat rekor terbarunya lagi di Sirkuit Motegi. 

Posisi podium yang didapatkan oleh Marquez musim ini di Jepang menjadi raihan podium ke-100 selama 10 tahun karirnya sebagai pembalap. Pemuda Spanyol itu juga didaulat sebagai pembalap termuda yang mampu meraih rekor 100 podium tersebut hanya dalam kurun waktu 10 tahun penampilannya. 

© Repsol Honda
Marc Marquez meraih podium keseratusnya dalam kurun waktu 10 tahun. Copyright: Repsol HondaMarc Marquez meraih podium keseratusnya dalam kurun waktu 10 tahun.

Pada 22 Juni 2008 lalu, Marquez muda meraih posisi podium pertamanya di posisi ketiga usai laga GP Inggris di Donington Park. Ia yang kala itu baru menginjak usia 15 tahun tengah berlaga di kelas 125 cc. 

Sekarang di musim kesepuluhnya di MotoGP, menginjak usia 24 tahun dan menggenggam catatan lima kali juara dunia, Marquez telah menginjak raihan podium yang ke-100. Itu berarti, pembalap Spanyol tersebut berhasil meraih posisi podium 100 kali dari 165 penampilan balapnya sepanjang 10 tahun ini. 

© MotoGP
Marquez dan Dovizioso saat memperbutkan posisi pertama di MotoGP Jepang Copyright: MotoGPMarquez dan Dovizioso saat memperbutkan posisi pertama di MotoGP Jepang

Di usia yang terbilang muda, kini ia telah bersaing dengan pembalap legendaris sekelas Valentino Rossi. Pembalap Yamaha itu sendiri baru mampu mencapai podium ke-100 saat menginjak usia 25 tahun. 

Marquez mencatat 14 podium ketika berlaga di kelas 125cc, 25 podium di dua musim Moto2, dan 61 podium sepanjang karier balapnya di kelas MotoGP. 

Kini ia masih terus berjuang untuk meraih gelar juara dunia keempatnya dengan tiga seri yang tersisa musim ini. Meski finish di posisi kedua, namun Marquez masih juga belum goyah di puncak klasemen sementara MotoGP dengan perolehan 244 poin.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
100%