Vinales Jatuh, Pembalap Aprilia Ungguli Marquez di FP2 GP Australia

Jumat, 20 Oktober 2017 16:04 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Mirco Lazzari gp/Getty Images
Pembalap Tim Aprilia Gresini, Aleix Espargaro. Copyright: © Mirco Lazzari gp/Getty Images
Pembalap Tim Aprilia Gresini, Aleix Espargaro.

Pembalap Aprilia, Aleix Espargaro unjuk kemampuannya jelang GP Australia dalam sesi latihan bebas kedua di Sirkuit Phillip Island. 

Espargaro berhasil mengungguli pembalap Honda, Marc Marquez 0.005 detik dalam kondisi cuaca yang cukup cerah  di lintasan balap pada Jumat (20/10/17) tadi. 

Marquez sendiri awalnya menjadi tolak ukur kecepatan bagi para pembalap lainnya, namun dalam waktu 10 menit, Espargaro mampu menguasai lintasan di posisi lead dengan mencatat kecepatan 1 menit 29.225 detik. 

Namun rekan setim Dani Pedrosa di Honda itu juga telah melakukan yang terbaik dalam sesi tersebut. Ia mencatat mampu menjadi yang tercepat kedua usai Espargaro dengan catatan waktu 1 menit 29.307 detik. 

Rival Marquez dalam perebutan gelar juara dunia, Andrea Dovizioso berhasil mengukuhkan posisi ketiga tercepat dalam sesi latihan bebas kedua tersebut. Ia berhasil meraih catatan 1 menit 29,322 detik. 

Pembalap Yamaha, Maverick Vinales berada di posisi kelima saat jalani sesi tersebut usai mengalami kecelakaan pada sesi latihan tersebut. Rekan satu tim Vinales, Valentino Rossi mencatat kecepatan 1 menit 29.977 detik dalam sesi tersebut, yang menempatkan dirinya di urutan ke-12.

Saat sesi latihan bebas pertama, Marquez justru berhasil unggul dengan mencatat 1 menit 29.602 detik, mengungguli Jack Miller di posisi kedua, disusul Dovizioso di tempat ketiga. 

MotoGP akan memasuki seri ketiga terakhirnya musim ini, di mana perebutan gelar juara dunia semakin ketat antara Marquez dan Dovizioso. Puncak klasemen sendiri masih dikuasai oleh pembalap Spanyol tersebut dengan raihan 244 poin usai laga terakhir di Sirkuit Motegi kemarin.