Usai Perpanjang Kontrak di McLaren, Alonso Akan Balapan di Daytona?

Jumat, 20 Oktober 2017 10:34 WIB
Editor: Joko Sedayu
© Sky Sports
Pembalap McLaren-Honda, Fernando Alonso. Copyright: © Sky Sports
Pembalap McLaren-Honda, Fernando Alonso.

Kamis (19/10/17), juara dua kali Formula 1, Fernando Alonso, telah mencapai kesepakatan dengan McLaren untuk memperpanjang kontrak hingga musim 2018. Keputusan itu jelas menjadi kabar bagus bagi seluruh fans tim asal Inggris tersebut.

Sebelumnya Alonso ramai diberitakan akan meninggalkan McLaren usai musim 2017, setelah performa buruk bersama pabrikan asal Jepang, Honda. Namun, setelah McLaren mengganti mesin dengan Renault mulai musim depan, tampaknya mengubah pikiran pembalap asal Spanyol itu.

"McLaren memiliki staf teknis dan kekuatan finansial untuk bisa dengan cepat memenangkan balapan dan kejuaraan dunia di F1," kata pembalap berusia 36 tahun itu.

"Meskipun beberapa tahun terakhir ini tidak mudah, kami tidak pernah melupakan sepuluh cara untuk menang, dan saya yakin kami bisa mencapainya lagi segera," tambah Alonso dikutip dari New Straits Times.

Setelah resmi memperpanjang kontrak dengan McLaren, Alonso pun kini fokus menyelesaikan F1 musim ini, dan berkarier di ajang balapan lainnya. Seperti yang diketahui, di sela-sela awal musim ini, Alonso absen di Grand Prix Monaco untuk tampil pada balapan IndyCar Series di Indianapolis 500.

© Octane/Action Plus via Getty Image
Fernando Alonso saat uji coba Sirkuit Catalunya. Copyright: Octane/Action Plus via Getty ImageFernando Alonso saat uji coba Sirkuit Catalunya.

Dan kini, Alonso dikabarkan akan mengikuti balapan Daytona 24 Hours. Kemungkinan mantan pembalap Renault dan Ferrari mengikuti Daytona 24 tak lain sebagai persiapan untuk tampil di ajang yang lebih bergengsi, yakni balapan klasik Le Mans 24.

Jadwal Le Mans 24 di FIA World Endurance Championship musim 2018 akan digelar pada bulan Juni. Sedangkan seri balapan Daytona 24 di WeatherTech SportsCar Championship 2018 akan digelar pada bulan Januari.

"Jika saya ingin mempersiapkan Le Mans, mungkin ada kemungkinan lain dengan lebih mempersiapkan diri untuk Le Mans daripada mempersiapkan 500 Indy," ujar Alonso terkait kemungkinannya turun di Daytona 24.

© id.motorsport
Pebalap Formula 1 asal Spanyol, Fernando Alonso. Copyright: id.motorsportPebalap Formula 1 asal Spanyol, Fernando Alonso, ketika tampil di Indianapolis 500.

Untungnya, bak gayung bersambut, Alonso pun mendapat restu dari manajemen McLaren untuk mengikuti balapan selain F1. Menurut Direktur Eksekutif McLaren, Zak Brown, dalam kontrak baru memungkinkan Alonso untuk berlomba di ajang lain, asalkan jadwal di F1 tidak terganggu.

"Jika Fernando ingin melakukan Daytona dan kami memiliki tempat duduk yang tersedia. Kami akan menyebutkan namanya dengan gembira," kata Brown dikutip dari Reuters.