Catalunya Merdeka, Bagaimana Nasib MotoGP dan F1 Musim Depan?

Sabtu, 28 Oktober 2017 07:38 WIB
Penulis: Abdurrahman Ranala | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Yves Herman/Reuters
Catalunya Copyright: © Yves Herman/Reuters
Catalunya

Kemarin, Jumat (28/10/17) waktu setempat Catalunya resmi memisahkan diri dari Spanyol. Parlemen Kota Catalunya mengatakan bahwa mereka telah resmi merdeka dari Spanyol. Apakah dengan merdekanya Catalunya berpengaruh pada kalender MotoGP dan F1 musim depan? 

Sirkuit Catalunya merupakan venue langganan gelaran balapan internasional seperti MotoGP, F1, dan GP2. Sirkuit Catalunya yang dibangun tahun 1989 sudah digunakan untuk balapan F1 sejak tahun 1991. Sedangkan untuk MotoGP, GP Catalunya sudah digelar sejak tahun 1995. Hingga ini Sirkuit Catalunya menjadi langganan dalam kalender penyelenggaraan MotoGP dan F1.

Tahun 2017 ini pun Sirkuit catalunya masih menjadi salah satu tempat penyelenggaraan MotoGP dan F1. GP Catalunya yang digelar bukan Juni lalu dimenangkan Andrea Dovizioso. Sedangkan untuk F1, Formula 1 Gran Premio de Espana di 2017 dimenangkan Lewis Hamilton pada bulan Mei lalu. 

© MotoGP.com
Penampakan Sirkuit Catalunya. Copyright: MotoGP.comPenampakan Sirkuit Catalunya.

Nah, bagaimana dengan musim depan? Apakah GP Catalunya tetap akan digelar di MotoGP dan F1 mengingat Catalunya yang baru saja memisahkan diri dari Spanyol. Dan pemerintah Catalunya akan disibukkan dengan masalah konstitusi dan penyusunan struktur pemerintahan. 

Jika GP Catalunya dihilangkan tahun depan maka untuk MotoGP, maka Spanyol hanya akan menggelar tiga balapan yaitu GP Valencia, GP Aragon dan GP Spanyol (Jerez). Dari yang sebelumnya berjumlah empat balapan termasuk GP Catalunya. 

Dan jika GP Catalunya benar-benar dihilangkan musim depan negara manakah yang akan mendapatkan jatah penyelenggaraan? Menjawab pertanyaan tersebut jawabannya bisa jadi Indonesia. Ya, pemerintah Indonesia memang tengah mengajukan diri menjadi tuan rumah salah satu balapan MotoGP sejak 2015 lalu. Dan tahun 2018 nanti bisa saja Indonesia benar-benar menggelar balapan MotoGP. Balapan tersebut akan dilaksanakan di Sirkuit Internasional Jakabaring. 

© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/Istimewa
Siap gelar MotoGP Indonesia 2018, Dorna nantikan Sirkuit Jakabaring di Palembang, Sumatera Selatan. Copyright: Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/IstimewaSiap gelar MotoGP Indonesia 2018, Dorna nantikan Sirkuit Jakabaring di Palembang, Sumatera Selatan.
IDS Emoticon Suka
Suka
20%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
20%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
20%
IDS Emoticon Takut
Takut
20%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
20%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%