Formula 1

Verstappen Menang GP Meksiko, Hamilton Juara Dunia 2017

Senin, 30 Oktober 2017 04:15 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© INDOSPORT
Lewis Hamilton saat dipastikan jadi juara dunia 2017 di GP Meksiko. Copyright: © INDOSPORT
Lewis Hamilton saat dipastikan jadi juara dunia 2017 di GP Meksiko.

Max Verstappen jadi yang tercepat di GP Meksiko yang berlangsung di Autodromo Hermanos Rodriguez, Senin (30/10/17). Ia mengasapi duo pembalap Finlandia, Valtteri Bottas dan Kimi Raikkonen yang ikut menemani di podium.

Meski hanya finis di posisi sembilan, pembalap Mercedes Lewis Hamilton sukses memastikan gelar juara dunia Formula 1 musim ini. Ia masuk dalam jajaran elite pembalap dunia yang dengan koleksi empat gelar juara dunia di tangannya dan menjadi pembalap Inggris tersukses sepanjang masa.

Jalannya Balapan

Drama sudah langsung terjadi sejak lap pertama. Max Verstappen langsung tancap gas dan merebut posisi terdepan balapan dari Vettel di lap satu. Usai disalip Verstappen, Vettel malah mengalami insiden dengan Hamilton. Sayap depan pembalap Ferrari itu patah sementara Hamilton mengalami bocor ban. Keduanya pun harus menepi ke pit.

Vettel pun terlempar ke posisi 18 sementara Hamilton berada di P20. Nasib lebih nahas dialami Daniel Ricciardo yang harus jadi pembalap pertama yang keluar dari balapan karena masalah turbo.

Lap 26, Nico Hulkenberg menyusul Ricciardo keluar lintasan. Ia diperintahkan tim Renault untuk segera loncat dari balik kemudi karena mobilnya bermasalah, diperkirakan masalah baterai.

Memasuki setengah balapan, Hamilton berhasil menyalip Pascal Wehrlein dan mengunci posisi 16. Penonton bersorak girang saat pembalap tuan rumah, Sergio Perez, melewati Kevin Magnussen di posisi keenam. Sementara itu, Vettel sudah berada di urutan kedelapan dan Verstappen masih memimpin hingga lap 35. 

Sepuluh lap berselang, Vettel bisa melaju ke posisi tujuh dan Hamilton juga naik satu posisi. Urutan tiga besar masih dipegang oleh Verstappen, Bottas, dan Raikkonen.

Perlahan tapi pasti, Vettel mulai menatap podium. Di lap 55, ia mampu menyeruak ke posisi lima dan menguntit Esteban Ocon yang mengincar finis tertingginya musim ini di posisi empat besar.

© Twitter/Formula 1
Max Verstappen memenangi GP Meksiko 2017. Copyright: Twitter/Formula 1Max Verstappen memenangi GP Meksiko 2017.

Verstappen akhirnya tak terkejar lagi dan finis terdepan dengan catatan waktu 1 jam 36 menit 26,550 detik. Di peringkat kedua, Bottas menyusul dengan selisih 19,678 detik. Vettel yang finis di urutan keempat, harus merelakan gelar juara dunia tahun ini untuk Hamilton, yang mengantongi 333 poin.

© Twitter/Formula 1
Hasil GP Meksiko 2017. Copyright: Twitter/Formula 1Hasil GP Meksiko 2017.
IDS Emoticon Suka
Suka
75%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
25%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%