Moto2

Morbidelli Raih Gelar Perdana Moto2 untuk Rossi sebagai Mentor

Selasa, 31 Oktober 2017 06:03 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© GPXtra
Valentino Rossi dan anak didiknya, Franco Morbidelli. Copyright: © GPXtra
Valentino Rossi dan anak didiknya, Franco Morbidelli.

Franco Morbidelli dinobatkan sebagai juara dunia Moto2 2017 dalam gelaran balapan seri Sepang, Malaysia, pada Minggu (29/10/17). Tanpa mengikuti balapan seri ini pun, Morbidelli sudah ditetapkan sebagai juara karena sang rival terdekatnya, Thomas Luthi, tak bisa mengikuti balapan GP Malaysia.

Poin yang dikumpulkan Morbidelli pun sudah tak terkejar lagi oleh Luthi maupun para pembalap di bawahnya dengan sisa satu seri balapan tersisa.

Pembalap 22 tahun ini pun mempersembahkan gelar juara dunia ini untuk Italia yang absen selama sembilan tahun belakangan. Terakhir, Marco Simoncelli menjadi pembalap Italia yang memenangkan gelar di kelas 250 cc ini pada 2008 silam.

Gelar ini pun menjadi titel juara dunia pertama Moto2 yang didapat Valentino Rossi sebagai "guru". Morbidelli merupakan lulusan sekolah balapan yang didirikan Rossi bernama VR46 Riders Academy.

"Saya sangat bahagia dan bangga terhadap Franco. Ia pantas mendapatkan gelar ini karena tahun ini ia berada di level yang lebih tinggi ketimbang yang lainnya. Ia memenangkan delapan balapan, berarti ia mendominasi musim ini," ungkap Rossi penuh rasa bangga, sebagaimana dikutip GPOne.

© Ride Apart
Franco Morbidelli saat menjadi murid VR46 Academy. Copyright: Ride ApartFranco Morbidelli saat menjadi murid VR46 Academy.

Berkat performa apiknya sepanjang Moto2 musim ini, Morbidelli sudah dipastikan akan naik kelas ke ajang MotoGP musim depan. Ia akan membalap bersama tim Marc VDS MotoGP.

"Saya rasa ia juga mampu kompetitif di MotoGP. Itu benar bahwa kami akan menjadi rival. Kami akan mengurangi bicara soal hal-hal teknis, tapi saya rasa hubungan kami tak akan berubah banyak. Tak akan ada masalah besar nantinya," imbuh The Doctor.

1