Rio Haryanto Bertolak ke Jepang dan Akan Jajal Super Formula

Senin, 4 Desember 2017 03:51 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
© Autosport
Rio Haryanto ketika menjajal mobil Formula E Copyright: © Autosport
Rio Haryanto ketika menjajal mobil Formula E

Pembalap Indonesia pertama yang pernah tampil di Formula 1 Rio Haryanto mendapatkan undangan mengikuti tes mobil Super Formula di Jepang. Tes tersebut akan dilaksanakan 5-7 Desember 2017 di Sirkuit Suzuka Jepang. 

Super Formula adalah kompetisi single-seater terbesar di Jepang dan memiliki sejarah panjang dengan berbagai perubahan nama kejuaraan sejak 1973. Meski hanya digelar di satu negara, Super Formula kerap menarik sejumlah pebalap dari berbagai penjuru dunia, termasuk mereka yang sedang berjuang menuju Formula 1.

Mulai musim 2014, semua peserta memakai sasis Dallara SF14 dengan mesin turbo 2 liter dan 4 silinder segaris. Mobil Super Formula pun mampu menghasilkan sekitar 550 daya kuda dan melampaui kecepatan 300 km/jam.

Pembalap tampan Rio Haryanto mengaku senang rasanya bisa kembali memacu mobil balap di lintasan. Karena Kecepatan mobil Super Formula tidak jauh berbeda dengan mobil Formula 2 sehingga keduanya menjadi pilihan sejumlah pembalap sebelum berlaga di Formula 1.

© Clive Mason/Getty Images
Rio Haryanto akan kembali ke lintasan balap. Copyright: Clive Mason/Getty ImagesRio Haryanto akan kembali ke lintasan balap.

Sebelum mengikuti Super Formula Rio haryanto telah melakukan persiapan. "Sebelum berangkat ke Jepang, saya selalu menjaga kebugaran fisik termasuk memperkuat otot-otot leher, tangan, hingga kaki. Tes di Suzuka nanti akan menjadi bagian dari evaluasi program balap untuk musim depan. Terima kasih kepada Honda yang telah memberikan kesempatan ini," kata pembalap asal Solo tersebut dilansir dari Antara. 

Pembalap berusia 24 tahun tersebut dikabarkan sudah meninggalkan tanah air, Minggu (3/12/17) dan bertolak ke Negeri Sakura, Jepang.