Absen Enam Tahun Usai Kecelakaan, Kubica Kembali ke F1

Kamis, 30 November 2017 22:11 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Ardini Maharani Dwi Setyarini
© Twitter/Renault
Robert Kubica. Copyright: © Twitter/Renault
Robert Kubica.

Pembalap Polandia, Robert Kubica kembali ke lintasan balap Formula 1 usai absen selama enam tahun karena cedera berat yang ia alami dari kecelakaan reli pada 2010 lalu dalam ajang reli. 

Kemarin, Kubica baru saja menyelesaikan tes balap bersama dengan tim Williams di Abu Dhabi. Ia berhasil mencatat 1 menit 39,485 detik, unggul dari raihan Sergey Sirotkin yang turut bersama dengan Kubica menjajal mobil FW40. 

© The National.
Mobil yang dikendarai Robert Kubica di ajang offroad. Copyright: The National.Mobil yang dikendarai Robert Kubica di ajang offroad.

Dilansir Motorsport, sempat dikabarkan saat jalani tes balap kemarin, Kubica dirumorkan hanya menggunakan satu tangan untuk menyetir mobil balapnya. Namun ia segera menampik kabar tersebut. 

"Ada orang yang berkata bahwa saya mengemudikan mobil dengan satu tangan. Tidak, saya tidak mengemudi dengan satu tangan. Saya pikir itu mustahil untuk mengemudikan mobil Formula 1 hanya dengan satu tangan," ungkap Kubica.

Namun dirinya tak mengelak dari kenyataan bahwa gerakannya di dalam mobil tersebut cukup terbatas. Kubica mengakui bahwa dirinya benar-benar mengandalkan otaknya untuk membantu mengatasi keterbatasan tubuhnya itu. 

Untuk kembali ke lintasan balap Formula 1, Kubica sendiri telah melalui prose yang panjang agar tubuhnya kembali bugar. Ia bahkan melakukan latihan intesif hingga Kubica mampu memenuhi persyaratan fisik yang harus dilengkapi Formula 1 saat ini. 

© GETTY IMAGES
Caption Copyright: GETTY IMAGESRobert Kubica

"Secara fisik, saya pikir saya telah pekerjaan yang sangat bagus dalam enam bulan terakhir. Tidak mudah memang. Jadi saya tidak hanya menghabiskan waktu terbaring di tempat tidur," ceritanya selama absen dari kegiatan balapan. 

Kubica mengakui bahwa mobil Formula 1 memang banyak mengalami perubahan sejak tujuh tahun ia tak turun ke ajang balapan tersebut. Sehingga, mau tak mau ia pun merasa bahwa Kubica akan memulai kembali dari nol untuk menjejakkan kakinya di mobil balapnya.