MotoGP

Demi Sirkuit MotoGP, Gubernur Sumsel Rela Kawasan Jakabaring Dibangun Fasilitas Mewah Ini

Selasa, 2 Januari 2018 13:50 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Lanjar Wiratri
© alexnoerdin.info
Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin. Copyright: © alexnoerdin.info
Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin.

Pembangunan Sirkuit Jakabaring di Palembang merupakan salah satu ambisi yang ingin diwujudkan oleh Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin. Kabarnya, sirkuit itu tersebut akan dibangun untuk gelaran MotoGP 2019 mendatang. 

Alex sendiri rupanya mengakui bahwa ambisi pemerintah Sumatera Selatan untuk gelaran MotoGP tersebut memang berat. Terlebih lagi jika dikaitkan dengan masalah pembiayaan yang tentunya pasti harus menyerap investor-investor. 

© @dhebut_DWN
Alex Noerdin bertemu dengan konsultan designer MotoGP, Hermann Tilke Copyright: @dhebut_DWNAlex Noerdin bertemu dengan konsultan designer MotoGP, Hermann Tilke

"MotoGP ini memang luar biasa berat. Mengapa? Karena kami tidak punya uang. Andai saja diminta empat tahun lalu, tentunya tidak jadi masalah," ungkap Alex, dikutip dari Industry, beberapa waktu lalu terkait rencana pembangunan Sirkuit Jakabaring.

Hingga kini, diketahui ada tiga investor yang berminat untuk membantu pembangunan sirkuit di lahan seluas 120 hektar tersebut. Untuk investor pemenangnya sendiri akan diumumkan di bulan ini. 

Namun, rupanya tak hanya menggaet investor, pemerintah setempat juga menjalankan sejumlah strategi agar tercapai rencana pembangunan sirkuit MotoGP di Palembang ini. Salah satunya adalah pendirian Badan Usaha Milik Daerah , PT Jakabaring Sport City. 

Investor pun dipersilahkan oleh Alex untuk membangun hotel, lapangan golf, hingga wahana hiburan lainnya dalam satu kawasan di Jakabaring, jika memang nanti perhitungan antara pemerintah setempat dengan investor sudah jelas. 

© @dhebut_DWN
Alex Noerdin bertemu dengan konsultan designer MotoGP, Hermann Tilke Copyright: @dhebut_DWNAlex Noerdin bertemu dengan konsultan designer MotoGP, Hermann Tilke

Rupanya rencana pembangunan sirkuit bertaraf internasional di Jakabaring, Palembang bukan tanpa kendala sama sekali. Arsitek sirkuit ternama asal Jerman, Herman Tilke, mengakui adanya sejumlah masalah yang mesti dihadapi dalam pembangunan sirkuit tersebut. 

Dilansir Speedweek, Tilke sendiri melihat bahwa kendala pembangunan lintasan tersebut terletak pada lokasinya sendiri yang tepat berada di samping venue olahraga dayung untuk gelaran  Asian Games 2018 yang akan dihelat di Palembang dan Jakarta. 

IDS Emoticon Suka
Suka
58%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
17%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
8%
IDS Emoticon Takut
Takut
17%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%