Formula 1

Tim Ferrari Tampung Pembalap Formula 1 yang 'Terbuang'

Sabtu, 13 Januari 2018 10:48 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Matheus Elmerio Giovanni
 Copyright:

Daniil Kyvat dipastikan telah kehilangan pekerjaanya sebagai seorang pembalap. Toro Rosso musim lalu tak lagi menggaet pembalap Rusia tersebut karena alasan yang tak diketahui. Tak berhenti sampai di situ, ia dipaksa hengkang dari program pengembangan pembalap Red Bull.

Namun rupanya, seperti dilansir BBC Sport, masih ada tim balap di Formula 1 yang menaruh kasihan pada dirinya. Pembalap berusia 23 tahun tersebut rencananya akan dirangkul oleh Ferrari pada musim ini untuk menjadi pembalap uji coba untuk pengembangan.

© encdn.f1i
Tim Ferrari Formula 1. Copyright: encdn.f1iTim Ferrari Formula 1.

Sebelumnya, Kyvat sendiri sudah sering dihubung-hubungkan dengan tim Williams usai Felipe Massa memutuskan untuk pensiun sebagai pembalap. Sayangnya, kesempatan itu sirna usai Williams lebih memilih Sergey Sirotkin untuk menempati kursi pengganti Massa. 

Tercatat Kyvat sendiri sudah tak mengikuti balapan bersama dengan tim Toro Rossi sejak balapan seri Malaysia pada awal Oktober lalu. Penampilan terakhir Kyvat sendiri adalah ketika dirinya mengikuti GP F1 Amerika yang berlangsung pada akhir Oktober kemarin. 

© INDOSPORT
Pembalap Ferrari, Sebastian Vettel, memenangi balapan Formula 1 GP Hungaria di Sirkuit Hungaroring. Copyright: INDOSPORTPembalap Ferrari, Sebastian Vettel, memenangi balapan Formula 1 GP Hungaria di Sirkuit Hungaroring.

Dengan kesempatan yang diberikan oleh Ferrari untuk menjadi development driver, diharapkan Kyvat akan memanfaatkannya sebagai batu loncatan untuk melangkah sebagai pembalap kembali di lintasan Formula 1 seperti sebelumnya lagi. 

Pada musim ini, Ferrari sendiri masih akan diperkuat dengan dua pembalap yang sama dengan musim lalu. Mereka adalah Michael Schumacher dan Sebastian Vettel. Diyakini, Vettel masih akan menjadi pesaing terberat dari pembalap Mercedes, Lewis Hamilton.

Sejumlah nama baru juga akan mewarnai ajang balap Formula 1 musim ini. Sebut saja nama juara dunia Formula 2 Charles Leclerc yang nantinya akan bergabung dengan tim Sauber Alfa Romeo, bersama dengan Marcus Erricson.