MotoGP

Terserang Sindrom Gilbert, MotoGP 2018 Kehilangan Pembalap Ini

Kamis, 18 Januari 2018 17:05 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Lanjar Wiratri
 Copyright:

Rekan satu tim Johann Zarco di Yamaha Monster Tech 3, Jonas Folger, telah memutuskan untuk mundur dari perhelatan balap MotoGP musim 2018 ini. Sebelumnya, dalam empat seri terakhir musim lalu, ia telah absen dari laga. 

Keputusan tersebut ia ambil sepekan menjelang tes pramusim resmi MotoGP. Folger memang diketahui mengidap Sindrom Gilbert, atau gangguan hati ringan, yang menyebabkan dirinya pun harus absen beberapa seri musim lalu. Penyakit itu sendiri sebelumnya telah ia derita beberapa tahun lamanya, namun belum sempat terdeteksi secara spesifik.

© Indosport
Jonas Folger. Copyright: IndosportJonas Folger.

"Sangat sedih untuk mengatakannya, tapi saya tidak akan balapan MotoGP pada 2018. Saya tidak mampu pulih seperti yang diharapkan, dan pada tahap ini, saya tidak merasa tidak bisa mengendarai motor MotoGP sebanyak 100%," ungkapnya, dikutip Motorsport.

Ada banyak rasa terimakasih yang ingin Folger sampaikan pada tim-tim yang mendukung dirinya, khususnya Monster Yamaha Tech 3, Yamaha Factory Jepang, Monster Energy, HJC, IXON, Forma Boots dan Rudy Project.

© Indosport.com
Jonas Folger Copyright: Indosport.comJonas Folger

"Saya berharap bisa kembali suatu hari dan mengucapkan terimakasih atas dukungan terus-menerus dari Anda," ujar Folger terkait keputusannya untuk mundur dari ajang balap motor internasional tersebut. 

Hingga kini, belum ada kabar lebih lanjut soal siapa pengganti Folger di Yamaha Tech 3, namun dari rumor yang beredar, kemungkinan pembalap Jepang, Katsuyuki Nakasuga akan menemani Johann Zarco musim ini. 

Nakasuga sendiri merupakan pembalap uji coba milih tim pabrikan Yamaha yang langganan juara ajang balap motor Suzuka 8 Hours. Sering menjadi pembalap uji coba Yamaha, bukan tidak mungkin penampilannya telah masuk dalam pantauan tim naunagn Zarco tersebut.