Legenda Inggris Pecahkan Rekor MotoGP dan Formula 1

Selasa, 13 Februari 2018 20:49 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

Dalam dunia balap, dikenal sosok John Surtees sebagai pembalap yang tercatat pernah menyabet dua gelar juara dunia sekaligus dalam kompetisi balap berbeda, yakni MotoGP dan juga balap mobil Formula 1. Namun bagaimana bisa?

Pembalap berkebangsaan Inggris tersebut memang berkarier untuk pertama kalinya di MotoGP. Gelar juara dunia untuk pertama kalinya berhasil diraih olehnya pada 1956 silam, tepatnya untuk balapan di kelas 500 cc. 

© MCN
John Surtees di MotoGP Copyright: MCNJohn Surtees di MotoGP

Gelar juara dunia tersebut rupanya tak hanya diraih sekali saja. Sebanyak tujuh gelar dunia berhasil ia raih dari kompetisi tersebut. Empat gelar dari 500 cc dan tiga gelar pada kelas balap 350 cc. 

MotoGP rupanya tak cukup memenuhi hasrat Surtees. Ia pun akhirnya turun menjajal dunia balap Formula 1, tepatnya pada era 1960-an. Hebatnya, baru debut di ajang jet darat tersebut, pada 1964 lalu, ia meraih gelar juara dunia pertamanya. 

© Mirror
John Surtees di Formula 1 Copyright: MirrorJohn Surtees di Formula 1

Seperti dilansir dari Gridoto, Surtess menghembuskan nafas terakhirnya pada Maret 2017 lalu, ketika dirinya menginjak usia 83 tahun. Ia pun didapuk sebagai legenda balap di dua ajang berbeda sekaligus, karena dirinya mampu menggaet gelar juara dunia di dua ranah balap berbeda. 

Hingga kini, belum ada pembalap yang mampu menyaingi rekornya, bahkan pembalap sekelas Valentino Rossi sekalipun. Pada 11 Februari kemarin, dunia balap memperingati ulang tahunnya yang ke 84 tahun. Semoga suatu hari rekor Surtess dapat pula dipecahkan oleh pembalap berbakat lainnya.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%