Formula 1

Bintang Formula 1 Gabung Toyota di Ajang Le Mans 24 Hours

Rabu, 31 Januari 2018 15:51 WIB
Penulis: Wira Wahyu Utama | Editor: Matheus Elmerio Giovanni
 Copyright:

Pembalap McLaren, Fernando Alonso, yang juga peraih dua kali gelar juara dunia F1 ini telah dikaitkan dengan Toyota untuk mengikuti balapan klasik Le Mans. Alonso berambisi mengejar mimpinya untuk memenangkan 'Triple Crown', ​GP Monako, Indy 500, dan Le Mans 24. 

Alonso menguji mobil Toyota LMP1 di Bahrain pada akhir tahun lalu dan melakukan debut Sportscar di Daytona 24 Hours akhir pekan lalu. Karenanya, sebuah kesepakatan kini telah diraih pembalap asal Spanyol itu bersama Toyota untuk mengikuti ajang World Endurance Championship (WEC).

"Saya tidak pernah malu dengan target saya untuk meraih gelar 'Triple Crown'; GP Monako, Indy 500, dan Le Mans 24. Kami sudah mencoba Indy tahun lalu, nyaris, tapi masih belum berhasil," kata Alonso mengutip Autosport.

© wtf1.com
Fernando Alonso Copyright: wtf1.comFernando Alonso

Sementara itu, Direktur Eksekutif McLaren, Zak Brown mengatakan timnya tidak ragu untuk memberi izin kepada Alonso untuk berlomba di tempat lain. Brown berharap ajang itu bisa bermanfaat bagi Alonso dengan harapan pembalap berusia 36 tahun itu juga termotivasi untuk tampil prima di ajang Formula 1.

© Internet
Zak Brown Copyright: InternetZak Brown

"Semua orang di dalam organisasi kami menghargai bahwa Pembalap kelas dunia yang termotivasi, 'lapar' dan bahagia seperti Fernando adalah aset yang tangguh bagi tim manapun di F1," ujarnya.

"Tahun lalu, kami sampai pada keputusan bersama untuk berlomba dengan Fernando di Indy 500 daripada di Monaco Grand Prix. Tapi kami selalu mengatakan bahwa kami akan mempertimbangkan setiap kesempatan berdasarkan kasus per kasus, dan kami berdua tahu bahwa, pada 2018, prioritas utama kami adalah kesuksesan di Formula 1," sambungnya.