Formula 1

F1 Buat Aturan Baru, Fernando Alonso Pilih Nonton Sambil Duduk Santai

Senin, 23 Juli 2018 12:45 WIB
Penulis: Yasmin Rasidi | Editor: Yohanes Ishak
© AutoSport
Fernando Alonso, pembalap F1 sedang duduk santai di pinggir Sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi. Copyright: © AutoSport
Fernando Alonso, pembalap F1 sedang duduk santai di pinggir Sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi.

INDOSPORT.COM - Formula 1 akan memberlakukan aturan baru yang memberlakukan penggunaan ban dengan ukuran lebih ramping pada musim 2021. Tapi, hal ini tak menjadi masalah yang harus dipusingkan bagi pembalap veteran,  Fernando Alonso.

Sejak perusahaan komunikasi Liberty Media mengambil alih Formula 1, ada aturan-aturan baru yang sempat memicu perdebatan. Misalnya penggunaan ban dengan spesifikasi yang lebih ramping di bagian depan (270 mm) dan tetap di bagian belakangnya pada 2021. Diamater juga mengalami perubahan dari 670 mm menjadi 700-720 mm. Ukuran ban juga menjadi 18 inci.

Fernando Alonso menjadi satu dari 11 pembalap yang tidak mencapai waktu penuh di sesi latihan di sirkuit Hockenheim, Sabtu (21/07/18). Tidak ada pembalap yang menyelesaikan balapan lebih dari sembilan putaran dalam kondisi basah karena tim-tim balap khawatir menghabiskan stok ban basah sebelum kualifikasi dan sesi balapan sendiri.

Di tengah protes terhadap aturan baru Formula 1, Fernando Alonso tidak akan terpengaruh. Karena pria yang saat ini bergabung di McLaren memutuskan untuk pensiun tahun 2021.

“Saya tidak akan disini tahun 2021. Saya akan hanya duduk di sofa, menonton Tour de France dan lainnya,”ujar pendukung Real Madrid ini sebagaimana dilansir Express.

Mengenai kurangnya cadangan ban untuk lintasan basah, Alonso punya kisah sendiri.

© INDOSPORT
Fernando Alonso, pembalap F1. Copyright: INDOSPORTFernando Alonso, pembalap F1.

“Saat hujan di FP3, ada 50,000 pentonton yang menunggu. Ternyata mobil tidak bergerak dan itu karena kita tak punya ban ekstra. Ban ini adalah yang digunakan untuk kualifikasi dan balapan jika hujan. Tidak nyaman jika 50,000 penonton di lintasan dan jutaan di rumah menonton mobil yang hanya diam. Saya pikir perlu perbaikan di beberapa hal sebelum aturan itu berlaku,”ujar mantan juara dunia termuda ini.

Jika Alonso nantinya pensiun, diperkirakan Carlos Sainz akan menjadi penggantinya. Saat ini Sainz berstatus pinjaman di Renault dari Red Bull.

Lewis Hamilton dari tim Mercedes akhirnya menjuarai sesi balapan di sirkuit Hockenheim, Minggu (22/07/18). Peringkat kedua diduduki rekan Hamilton Valtteri Bottas dan peringkat ketiga adalah rekan senegara Bottas Kimi Raikkonen dari Ferrari.

Sementara pembalap Jerman yang bergabung dengan Ferrari Sebastian Vettel harus mengalami kecelakaan di lap 52 saat memimpin balapan. Dia kehilangan kendali dan menabrak pembatas sirkuit, memupuskan harapan meraih podium di rumah sendiri.

Kemenangan Hamilton membuat pembalap Inggris ini untuk sementara mengungguli Vettel dalam perolehan poin. Hamilton saat ini memperoleh 188, 17 angka di atas juara dunia empat kali tersebut.