Mana Lebih Tangguh? All New Toyota Rush 2018 vs Mitsubishi Xpander

Senin, 23 Juli 2018 12:59 WIB
Editor: Joko Sedayu
© INDOSPORT
All New Toyota Rush 2018 vs Mitsubishi Xpander. Copyright: © INDOSPORT
All New Toyota Rush 2018 vs Mitsubishi Xpander.

All New Toyota Rush 2018 dan Mitsubishi Xpander merupakan dua model mobil yang masuk dalam daftar pencarian tertinggi di Priceza. Seperti yang diketahui, Rush masuk dalam kategori Low SUV sedangkan Xpander datang dari segmen Low MPV. Kendati demikian, kedua mobil ini seringkali dibandingkan, baik oleh sales maupun oleh para calon pembeli.

Tak hanya itu, perilisan kedua mobil yang waktunya hanya terpaut satu bulan pun mengaku bahwa masing-masing model memiliki persilangan konsep yang sama, misalnya Xpander yang diklaim menawarkan ketangguhan ala SUV dengan kenyamanan mobil MPV sedangkan Rush terlahir sebagai SUV namun sanggup mengakomodir penumpang layaknya MPV.

Lantas, bagaimana jika kedua mobil tersebut dibandingkan secara detail? Untuk membantu kamu memilih mobil yang tepat, berikut ini terdapat komparasi antara All New Toyota Rush 2018 dan Mitsubishi Xpander dari Priceza.

Komparasi Ground Clearance

Semakin tinggi ukuran ground clearance maka semakin andal dalam menerobos genangan air. Di sini, Xpander menawarkan dua opsi ukuran ground clearance seperti varian Ultimate, Sport dan Exceed yang memiliki jarak terendah dari tanah berukuran 205 mm, sedangkan varian GLX dan GLS mempunyai ukuran 200 mm.

Sementara itu, pesaingnya mempunyai ground clearance berukuran 220 mm karena statusnya sebagai mobil SUV. Perbedaan ukuran tersebut akan berpengaruh pada kemampuan mobil dalam melibas genangan air, termasuk mempengaruhi cara pengendalian dan kenyamanan penumpang dan pengendara.

Perbandingan Mesin dan Transmisi

Jika menilik bagian mesin dan transmisi, kedua mobil ini bersaing sangat ketat. Pada Rush terdapat mesin teranyar dari Toyota yakni 2NR sedangkan Xpander menggunakan mesin 4A91 yang sama-sama memasang konfigurasi empat silinder dengan teknologi pengapian tersendiri seperti MIVEC dari Mitsubishi dan Dual VVT-i dari Toyota.

Lebih detail lagi, kedua mobil ini sama-sama memiliki tenaga 104 PS dengan torsi 141 Nm di 4.000 RPM pada Xpander dan Rush dengan 136 Nm pada 4.200 Nm. Lanjut ke bagian transmisi, keduanya menawarkan opsi manual 5-speed dan otomatis 4-speed dengan Rush yang mengandalkan penggerak roda belakang dan Xpander yang memakai penggerak roda depan.

© Istimewa
Toyota Rush 2018. Copyright: IstimewaAll New Toyota Rush 2018.

Komparasi Fitur Rush dan Xpander

Fitur pada kedua mobil ini juga sangat bersaing karena terdapat kelebihan dan kekurangan yang dimiliki masing-masing model. Sebagai perbandingan, Rush sudah menggunakan lampu utama berteknologi LED sedangkan Xpander masih lampu hologen. Sementara di sektor interior, semua varian Rush sudah memakai start-stop button sedangkan Xpander hanya terdapat pada dua varian kelas tertinggi saja yakni Ultimate dan Sport.

Beralih ke sektor kenyamanan, Xpander hadir dengan konfigurasi Tilt & Telescopic untuk mengatur posisi setir atas-bawah dan maju-mundur, sedangkan Rush hanya dilengkapi opsi kemudi dua arah saja.

Di sektor hiburan, semua varian Xpander masih menggunakan head unit konvensional, hanya varian Ultimate yang sudah didukung layar sentuh. Pada Rush, hal tersebut juga sama namun model TRD Sportivo sudah didukung touchscreen yang terhubung dengan internet.

Lanjut ke bagian keselamatan, kedua mobil ini sudah didukung Hill Start Assist dan ABS, khusus Xpander sudah dilengkapi Brake Assist dan EBD (Electronic Brake-force Distribution), sedangkan Rush memiliki fitur bernama Vehicle Stability Control. Untuk dukungan airbag, kamu hanya bisa menemukannya pada Xpander varian teratas, namun semua varian Rush sudah didukung dengan enam buah kantung udara.

© Istimewa
Mitsubishi Xpander 2018. Copyright: IstimewaMitsubishi Xpander 2018.

Harga

Perbedaan fitur dan desain tentunya didapatkan dari perbedaan segmen masing-masing mobil. Di sisi harga, keduanya pun ditawarkan dengan rentang yang jauh berbeda, Rush dibanderol dengan harga terendah mulai Rp240 juta sedangkan Xpander model paling bawahnya dijual Rp192 jutaan saja.

Nah, apakah kamu sudah memahami gambaran komparasi dari All New Toyota Rush 2018 dan Mitsubishi Xpander di atas? So, pastikan kamu memilih mobil yang paling sesuai kebutuhan karena masing-masingnya ditujukan untuk market yang berbeda.

Ikuti perkembangan informasi terbaru seputar olahraga di INDOSPORT.COM

 

A post shared by INDOSPORT.com (@indosportdotcom) on

IDS Emoticon Suka
Suka
100%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%