Formula 1

Nyaris Bangkrut, Tim F1 Force India Diselamatkan Ayah dari Pembalap Tim Lawan

Rabu, 8 Agustus 2018 17:50 WIB
Penulis: Yasmin Rasidi | Editor: Arum Kusuma Dewi
© This Is F1
Pembalap F1 Williams, Lance Stroll. Copyright: © This Is F1
Pembalap F1 Williams, Lance Stroll.

INDOSPORT.COM - Tim Formula 1 Force India sempat dinyatakan pailit sebelum konsortium pimpinan investor Lawrence Stroll menyelamatkan tim tersebut.

Force India dinyatakan pailit dua minggu lalu saat sesi balapan di Hungaria. Namun, akhirnya tim ini 'selamat' dan bisa melanjutkan sesi balapan akhir bulan ini yang akan berlangsung di Sirkuit Spa Franchorchamps, Belgia. Dengan suntikan dana segar ini, maka 450 lapangan pekerjaan pun terselamatkan.

Lawrence Stroll adalah ayah dari Lance, pembalap dari tim rival Force yakni Williams. Selain Stroll, konsorsium juga diisi nama-nama konglomerat kelas kakap seperti John McCaw Jr (investor di bidang telekomunikasi), Jonathan Dudman dari Monaco Sports and Management, serta pengusaha Kanada Andre Desmarais.

"Hasil ini mengamankan masa depan tim Force India di Formula 1 dan pembalap kami bisa berkompetisi memberikan yang terbaik," ujar Kepala Operasional Force India Otma Szafnauer seperti yang dilansir Skysports.

"Saya senang tim kami mendapat dukungan dari konsorsium investor yang percaya pada kami sebagai tim dan melihat potensi bisnis yang dimiliki tim ini sekarang dan masa depan," lanjutnya.

Masalah kepailitan ini bukan pertama kalinya di dunia Formula 1.  Di akhir 2014, Caterham dan Marussia pernah dinyatakan pailit. Namun, hanya nama terakhir yang sempat bertahan dengan investor baru dan kemudian ganti nama menjadi Manor.

Tetapi, Manor pun tak bertahan lama. Tahun 2016, mereka kembali dinyatakan pailit dan nasib tim itu berakhir.

3 Hari Menuju Liga Primer Inggris

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh INDOSPORT.com (@indosportdotcom) pada

Ikuti perkembangan berita sepak bola Liga Inggris di INDOSPORT.