Formula 1

Pensiun, Alonso Bongkar Keburukan Balapan Formula 1

Jumat, 17 Agustus 2018 13:07 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Lanjar Wiratri
© Sky Sports
Pembalap McLaren-Honda, Fernando Alonso. Copyright: © Sky Sports
Pembalap McLaren-Honda, Fernando Alonso.

INDOSPORT.COMFernando Alonso sebut buruknya aksi di jalur pertandingan adalah alasan utama dibalik keputusannya untuk pensiun dari kejuaraan Formula 1 2019.

Pembalap yang pernah meraih dua kali juara dunia F1 menjelaskan bagaimana aksi on track di turnamen tersebut tidak lagi memenuhi harapannya seperti dulu.

"Saya berhenti karena tindakan di jalur menurut saya sangat buruk. Bahkan, yang kami bicarakan lebih banyak di Formula 1 adalah di luar jalur. Kami berbicara tentang polemik, kami berbicara tentang pesan radio, kami berbicara tentang semua ini,” ujar Alonso.

“Itulah yang saya rasakan di Formula 1 sekarang, dan saya pikir ada seri lain yang mungkin menawarkan aksi yang lebih baik dan lebih bahagia,” tambahnya, dilansir dari laman Crash.

Selain itu, Alonso mengakui bahwa kurangnya kinerja tim McLaren merupakan salah satu alasannya untuk pensiun. Ia merasa F1 lebih menyenangkan di tahun sebelumnya ketika pebalap berusia 37 tahun itu belum bertarung secara konsisten karena pertandingan sulit diprediksi.

"Ketika saya pada 2003, 2004, 2008, 2009, 2011, saya tidak memenangkan satu pun balapan di tahun-tahun itu. Sulit untuk memprediksi apa yang bisa terjadi," kata sang juara.

Alonso dikabarkan akan hijrah di kejuaraan IndyCar pada tahun depan. Langkah ini merupakan wujud dari ambisinya untuk menyelesaikan Triple Crown of Motorsport.

Ia akan mengejar gelar kejuaraan  Indianapolis 500, setelah memulai debutnya di acara tersebut pada tahun 2017, dan berambisi memenangkan turnamen 24 Hours of Le Mans pada debutnya awal tahun ini bersama Toyota.

Ikuti terus berita seputar sepak bola dan olahraga lain serta serba-serbi Asian Games 2018 hanya di INDOSPORT.