Formula 1

Sempat Diprotes, Fitur Halo Selamatkan Nyawa Leclerc dari Kecelakaan Fatal Alonso

Senin, 27 Agustus 2018 15:29 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Getty Images
Fernando Alonso tabrakan dan mobilnya melayang di atas mobil Charles Leclerc. Copyright: © Getty Images
Fernando Alonso tabrakan dan mobilnya melayang di atas mobil Charles Leclerc.

INDOSPORT.COM - F1 GP Belgia 2018 yang berlangsung Minggu (26/08/18), dinodai dengan insiden fatal. Dilansir dari ABC, pembalap McLaren Fernando Alonso 'terbang' di atas Charles Leclerc setelah ditabrak oleh pembalap Renault Nico Hulkenberg. 

Meski telah mendapat bantuan dari mobil keselamatan, namun Leclerc patut berterima kasih pada sistem perlindungan halo yang baru diperkenalkan musim ini.

Walaupun dampak yang dihasilkan cukup parah, Leclerc masih mampu melangkah pergi tanpa cedera.

"Saya pikir positifnya kita semua baik-baik saja, terutama Charles, karena saya terbang di atas mobilnya. Dan ya, halo adalah hal yang sangat baik untuk dimiliki."

Halo sendiri telah menjalani masa pengenalan yang kontroversial di awal musim, dengan banyak pengemudi tidak senang pada estetikanya. Hamilton pernah menggambarkannya sebagai "modifikasi yang paling jelek" dalam sejarah olahraga, namun ia berubah pikiran setelah mengikuti demonstrasi keamanan dari halo.

Leclerc tak bisa menutupi rasa syukurnya dengan adanya halo yang menyelamatkan nyawanya itu, setelah melihat kondisi terakhir mobilnya.

"Saya tak tahu bagaimana akhirnya jika tidak ada halo, tapi saya senang ada halo di sana. Saya beruntung kali ini. Kondisi halonya buruk," ucap Leclerc.

F1 GP Belgia yang berlangsung di Sirkuit Spa-Francorchamps itu akhirnya dimenangkan oleh Sebastian Vettel. Ia dibuntuti Lewis Hamilton dan Max Verstappen di posisi kedua dan ketiga.

Penulis: Martini

Fajar/Rian Amankan Tiket Final Asian Games 2018

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh INDOSPORT.com (@indosportdotcom) pada

Terus Ikuti Berita Olahraga Asian Games 2018 Lainnya Hanya di INDOSPORT