Formula 1

Hamilton dan Schumacher, Siapa yang Lebih Unggul ?

Selasa, 30 Oktober 2018 17:22 WIB
Penulis: Elizabeth Ayudya Ratna Rininta | Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Hasil yang tersaji di GP Mexico, 28 Oktober 2018 kemarin mengukuhkan Lewis Hamilton menjadi juara F1 musim 2018. Dengan perolehan poin 358 poin, Hamilton menjauhkan diri dari pesaing terdekatnya yaitu Sebastian Vettel dan menjadikan jarak poin antara mereka berdua tidak bisa terkejar.

Menjadi juara Formula 1 bukanlah hal yang baru bagi Lewis Hamilton, tercatat pria kelahiran Stevenage, Inggris ini telah menjadi kampiun di perhelatan yang sama sebanyak 5 kali yaitu pada tahun 2008 bersama McClaren dan 2014, 2015, 2017, 2018 bersama Mercedes.

Dengan prestasi ini pria kelahiran 7 Januari 1985 ini menyejajarkan namanya dengan nama nama legendaris Formula 1 seperti Juan Manuel Fangio dan Michael Schumacher.

Hamilton telah menyamai rekor yang dicatatkan Fangio dengan menjuarai F1 sebanyak 5 kali. Dari sini dapat kita lihat hanya Michael Schumacher-lah yang saat ini mempunyai titel juara Formula 1 melebihi dari yang dimiliki oleh Hamilton yaitu dengan 7 kali juara dunia.

Schumacher dan Hamilton sama-sama mengoleksi trofi juara F1 5 kali pada umur yang sama yaitu 33 tahun. Hamilton yang melengkapi raihanya tahun 2018 ini, sedangkan Schumaecer pada tahun 2002 lalu telah memperoleh gelar kelimanya.

Dalam hal mencapai pole position pembalap Inggris ini sudah melampaui Schumacher dengan mengoleksi 81 kali mencapai peringkat pertama dalam kualifikasi dibandingkan dengan Schumacher yang hanya mencatatkan 68 kali pole positions.

Apabila dihitung dengan persen Hamilton mencatat kesuksesan sebesar 36 persen sedang Schumacher hanya 22 persen sepanjang karirnya.

Untuk presentase kemenangan kedua pembalap Hamilton boleh tersenyum karena menurut statistik dia unggul dengan raihan kemenangan tiap 3.19 balapan sedangkan Schumacher memuncaki podium setiap 3.38 balapan.

Dalam hal mendominasi musim balapan Hamilton dan Schumacher hamper sama untuk catatan impresif, dimana Hamilton memenangi 11 dari 19 balapan pada 2014 dan Schumacher memenangi 13 dari 18 balapan pada 2004.

Mengingat performa Hamilton yang masih stabil dan cenderung mengalami peningkatan setiap musimnya, kita dapat nantikan sepak terjang pembalap Inggris ini untuk menorehkan rekor yang lebih mengejutkan atau bahkan memecahkan rekor para pendahulunya.

Apabila Hamilton dapat tampil secara konsisten dan menjaga performanya diperkirakan ia dapat menyamai rekor Schumacher pada tahun 2020.

Terus Ikuti Update Formula 1 dan Berita Olahraga Lainnya di INDOSPORT.COM