Formula 1

Lewis Hamilton Rengkuh Juara Dunia Formula 1 2018 di Meksiko

Senin, 29 Oktober 2018 05:18 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Getty Images/Dan Istitene
Lewis Hamilton memastikan gelar juara dunia Formula 1 2018. Copyright: © Getty Images/Dan Istitene
Lewis Hamilton memastikan gelar juara dunia Formula 1 2018.

INDOSPORT.COM - Pembalap Mercedes, Lewis Hamilton. berhasil keluar sebagai juara dunia Formula 1 2018 usai finis di peringkat keempat GP Meksiko, Minggu (29/10/18) dini hari. 

Lewis Hamilton finis dengan selisih waktu 78,738 detik dari Max Verstappen yang finis pertama. Sementara itu di peringkat kedua ada Sebastian Vettel dan disusul Kimi Raikkonen yang finis di peringkat tiga.

Walau finis keempat di belakang Verstappen, Vettel, dan Raikkonen, namun perolehan poin Hamilton sudah cukup membuatnya sebagai juara dunia untuk kelima kalinya (empat secara beruntun).

Tambahan 12 poin menggenapkan perolehan poin Hamilton di klasemen pembalap menjadi 358 poin. Hamilton unggul 64 poin atas pesaing terdekatnya, Sebastian Vettel, yang pada GP Meksiko finis di peringkat dua.

Secara matematis, perolehan poin pembalap asal Inggris itu tak terkejar lagi karena maksimal poin yang tersisa di dua seri terakhir adalah 50.

Gelar juara tahun 2018 adalah yang kelima secara beruntun untuk Lewis Hamilton, Pembalap 33 tahun itu menyamai rekor milik Juan Manuel Fangio dari Argentina yang juara sebanyak lima kali.

Hamilton mengakui bahwa perjalanan merengkuh gelar juara tidaklah mudah. Kerja keras menjadi kuncinya. 

"Gelar ini dimenangkan melalui kerja keras di banyak balapan. Saya sangat bersyukur untuk semua kerja keras, untuk semua orang yang telah menjadi bagian darinya." ujar Hamilton dikutip dari BBC.

Sementara itu sang rival abadi, Sebastian Vettel, memberikan ucapan selamat kepadanya dan tim Mercedes. 

"(Kemenangan yang) layak. Selamat kepada Hamilton dan timnya. Mereka melakukan pekerjaan luar biasa sepanjang tahun. Kami harus tegar dan menerima itu," ujar Vettel. 

Di musim 2018 sendiri Lewis Hamilton secara total naik podium sebanyak 15 kali dengan 9 di antaranya sebagai peringkat pertama. 

Sementara Sebastian Vettel memiliki catatan 11 kali naik podium dengan 5 di antaranya sebagai peringkat pertama.