MotoGP

Pemuda 15 Tahun Asal Turki Cetak Sejarah di Moto3

Senin, 19 November 2018 16:16 WIB
Penulis: Riski Francisko | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Getty Images
Pembalap Turki, Can Oncu yang memenangkan Moto3 Valencia 2018. Copyright: © Getty Images
Pembalap Turki, Can Oncu yang memenangkan Moto3 Valencia 2018.

INDOSPORT.COM – Kejutan terjadi di seri pamungkas MotoGP musim 2018 yang digelar di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia. Seorang pembalap belia berusia 15 tahun berhasil memenangkan seri penutup di kelas Moto3 tersebut.

Dia adalah Can Oncu, pembalap asal Turki yang membalap untuk tim KTM. Kemenangan Oncu terasa sangat istimewa karena balapan tersebut menjadi kali pertamanya menjajal Moto3.

Oncu sebenarnya hanya seorang pembalap tes (Wildcard rider). Ia diberi kesempatan untuk menjajal sirkuit Valencia di kelas Moto3 setelah berhasil menjuarai ajang bagi para rider MotoGP pemula bertajuk Red Bull MotoGP Rookies Cup.

Keberhasilannya meraih podium pertama di Valencia membuat dirinya menjadi rider termuda yang mampu memenangkan seri balapan. Pemuda kelahiran 26 Juli 2003 ini baru berusia 15 tahun dan 115 hari saat memenangkan Grand Prix kemarin.

Rekor lain juga ditorehkan Can Oncu. Ia kini telah menyamai pembalap asal Jepang, Noboru Ueda, yang pernah menjadi pembalap wildcard dan meraih podium teratas pada tahun 1991.

Oncu memulai balapan yang berlangsung dalam kondisi hujan itu dari posisi ke-4 di belakang Tony Arbolino, Nakarin Atiratphuvapat dan John McPhee. Ia mampu start dengan apik dan berada di urutan tiga besar beberapa saat setelah lepas dari garis awal.

Empat besar lalu ditempati oleh Arbolino, Bezzecchi, Oncu dan McPhee. Keberuntungan hadir bagi pembalap bernomor 61 itu setelah Bezzecchi terjatuh di tikungan 4 pada lap ke-4.

Oncu otomatis berstatus runner up untuk sementara. Dewi Fortuna memang tengah menaungi Oncu, setelah ia berhasil lolos dari kecelakan di tikungan ke-6, ia berhasil mengambil alih pimpinan balap setelah Arbolino terjatuh saat race menyisakan 12 lap lagi.

Berkat penampilan konsistennya di balapan tersebut, Oncu berhasil menjadi pembalap pertama yang mencapai garis finish. Posisi kedua ditempati oleh sang juara dunia Moto3 2018, Jorge Martin, dan podium ketiga ditempati oleh John McPhee.

Ikuti Terus Berita MotoGP dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
100%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%