MotoGP

Menguak Pundi-pundi Kekayaan Valentino Rossi dari Bisnis, Bikin Tercengang!

Sabtu, 29 Desember 2018 10:30 WIB
Penulis: Daniel Ramos Putra | Editor: Lanjar Wiratri
© Getty Images
Valentino Rossi, pembalap MotoGP Copyright: © Getty Images
Valentino Rossi, pembalap MotoGP

INDOSPORT.COM - Siapa yang tidak mengenal pembalap MotoGP berjuluk The Doctor? Julukan ini Valentino Rossi dapatkan karena memiliki kecerdasan dan ketekunan di dalam dunia balap. Ternyata selain memiliki kepiawaian di dalam dunia balap, Rossi juga piawai mengembangkan bisnis miliknya. 

Jika berkunjung ke Tavuilla, Italia, tentu Anda akan melihat banyak bendera kuning dengan motif tulisan VR46 tersebar di setiap sudut jalanan. Tavuilla sendiri dikenal sebagai kota yang melahirkan sosok pembalap jenius yang mampu menyabet 7 kali gelar juara dunia MotoGP.

Selain dikenal sebagai kota kelahiran Valentino Rossi, Tavuilla juga menjadi pusat aktivitas perusahaan multinasional milik Rossi yaitu VR46. Di kota ini, perusahaan VR46 mengatur segala jenis bisnis hingga pemasaran milik pembalap berjuluk The Doctor tersebut.

Sebagai perusahaan milik salah satu legenda balap dunia, VR46 tentu menjual produk berupa merchandise milik Valentino Rossi dan pembalap-pembalap lainnya yang berada di bawah naungan VR46.

Selain bergerak dalam bidang penjualan, jangan lupakan tim balap milik Valentino Rossi. Rossi berhasil mengembangkan bisnisnya dengan memiliki tim balap bernama VR46 Sky Racing Team yang kini berada di kasta kedua dan ketiga balap motor dunia yaitu Moto2 dan Moto3.

Dibawah tim balap miliknya, Rossi juga memiliki sekolah balap yang berpusat di Tavuilla yaitu VR46 Riders Academy. Dari sekolah balap milik VR46, Rossi telah melahirkan pembalap-pembalap besar diberbagai ajang seperti Romano Fenati, Franco Morbidelli dan Stefano Manzi.

Dalam durasi enam tahun, bisnis yang telah dibangun oleh pembalap Yamaha ini telah berkembang sangat pesat. Omset yang telah diraih oleh perusahaan VR46 telah menyentuh 20 juta eoru atau setara dengan Rp332,8 miliar.

Terus Ikuti Update Berita Olahraga Seputar MotoGP dan Berita Olahraga Lainnya di INDOSPORT.COM