Formula 1

Negara Asal Kimi Raikkonen Akan Buat Studi untuk Jadi Tuan Rumah F1

Sabtu, 19 Januari 2019 17:48 WIB
Penulis: Daniel Ramos Putra | Editor: Yohanes Ishak
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Negara penghasil beberapa pembalap terbaik dunia, Finlandia, akan mulai menjajaki kemungkinan untuk menggelar ajang balap mobil dan motor terbesar di dunia. Saat ini Finlandia tengah melakukan pembangunan sirkuit KumiRing yang akan dijadikan sirkuit untuk menghelat MotoGP pada tahun 2020 mendatang.

Seperti yang dilansir dari Motorsport, Finlandia merupakan salah satu negara tersukses sepanjang sejarah Formula 1, dengan empat peraih gelar juara dunia dan 50 torehan kemenangan Grand Prix terbanyak kelima di dunia. Namun, Finlandia belum pernah menjadi tuan rumah Grand Prix.

Setelah berbagai upaya yang dilakukan, kini badan induk motorsport Finlandia, AKK Motorsport, mengumumkan bahwa Finlandia kini mulai menjajaki keumngkinan untuk menggelar Formula 1. AKK Motorsport akan melakukan studi untuk mempersiapkan Finlandia untuk menjadi salah satu tuan rumah ajang balap mobil tersbesar di dunia tersebut.

"Finlandia telah memiliki warisan yang luar biasa dan unik di motorsport," kata Tatu Lehmuskallio, selaku CEO AKK dikutip dari Motorsport.

"Belakangan ini, pembalap Formula 1 dan pereli WRC asal Finlandia mengumpulkan poin lebih banyak dibanding negara-negara lain. Tidak hanya itu saja, kami juga diakui secara internasional untuk menyelenggarakan event motorsport yang modern, reliabel, berkelanjutan, dan pastinya seru untuk para fans, mitra, dan atlet.

Finlandia sebenranya telah ditunjuk sebagai salah satu tuan rumah MotoGP 2019, namun pengerjaan sirkuit yang belum rampung menjadi penghambat Finlandia untuk dapat menyelenggarakan balap motor terbesar di dunia tersebut. Memiliki panjang 4,5 km, KymiRing dikabarkan telah 80 persen rampung dan siap untuk balapan perdana tahun depan.

Saat ini Finlandia menjadi negara yang dapat menghasilkan beberapa pembalap terbaik di dunia dari ajang Formula 1. Salah satu pembalapnya yaitu juara dunia Formula 1 2007 yaitu Kimi Raikonen yang membalap untuk Sauber musim ini dan Valtteri Botas yang membalap untuk Mercedes.

Terus Ikuti Update Seputar Formula 1 dan Berita Olahraga Lainnya di INDOSPORT.COM