Formula 1

Jelang Tes Pramusim, Pembalap Formula 1 Tunggu Lampu Hijau Pakai Helm Baru

Kamis, 14 Februari 2019 21:40 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Lanjar Wiratri
© Pinterest
Max Vertappen mengenakan helm Arai di balapan Formual 1 Copyright: © Pinterest
Max Vertappen mengenakan helm Arai di balapan Formual 1

INDOSPORT.COM – Sejumlah pembalap Formula 1 (F1) tak sabar untuk segera menjalani tes pramusim Formula 1 2019 di Barcelona pada 18 Februari mendatang. Namun, mereka harus menunggu persetujuan mengenakan helm baru.

Sejak musim lalu, Federasi Otomotif Dunia (FIA) menyatakan bahwa setiap pembalap harus mengenakan helm sesuai dengan standar baru FIA 8860. Standar tersebut menyatakan bahwa helm yang dikenakan harus mengandung perlindungan balistik dan pembukaan pelindung yang lebih kecil.

Dilansir dari laman Grandprix, menjelang dimulainya ajang Formual 1 2019 sejumlah pabrikan helm belum memenuhi standar tersebut. Pabrikan tersebut diantaranya Stilo, Bell, Schuberth dan Arai.

“Saat ini kami menunggu pabrikan ini mengirimkan versi produk helm baru untuk 2019,” kata FIA dalam pernyataannya.

Laporan lain menyebutkan bahwa tidak semua pabrikan mendapatkan persetujuan terkait aturan tesebut, padahal tes pramusim akan dimulai dalam beberapa hari kedepan.

Pabrikan Jepang, Arai, termasuk salah satunya. Helm Arai ini telah lama menjadi langganan Sebastian Vettel, Max Verstappen dan Daniel Ricciardo.

“Prototipe model baru telah dipasok. Belum disetujui secara resmi, namun tes internal kami menjamin kualitas produk,” tutur Arai dalam pernyataan mereka.

Sampai saat ini, hanya Stilo, pemasok helm dua pembalap lance Stroll dan Valterri Bottas, yang sudah mendapatkan lampu hijau.

Ikuti Terus Berita Formula 1 dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM