Formula 1

Tak Juara, Ferrari Raup Hadiah Uang Terbanyak dari Formula 1 2018

Senin, 4 Maret 2019 19:25 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Crash.net
Ferrari rilis mobil baru yang diberi nama SF90 untuk Formula 1 2019 Copyright: © Crash.net
Ferrari rilis mobil baru yang diberi nama SF90 untuk Formula 1 2019

INDOSPORT.COM – Tim Ferrari mengungguli Mercedes dalam hal finansial setelah menerima pembayaran hadiah uang dari Formula 1 2018. Ferrari bahkan hanya finis di tempat kedua di belakang pesaing berat mereka musim lalu.

Dilansir dari Givemesport, Liberty Media menggelontorkan hadiah 1 miliar dolar AS (Rp14 triliun), di mana seperlima hadiah tersebut diterima oleh Ferrari sebesar 205 juta dolar AS atau setara dengan Rp2,8 triliun.

Tim yang pada musim ini menaungi pembalap Sebastian Vettel dan Charles Leclerc itu bahkan berhasil menggungguli juara tim musim lalu, Mercedes, yang hanya menerima 177 juta dolar (Rp2,4 triliun) di urutan kedua.

Di posisi ketiga, Red Bull menerima hadiah sebesar 152 juta dolar (Rp2,1 triliun), disusul dengan McLaren dan Renault di tempat kelima dengan 100 juta dolar (Rp1,4 triliun) dan 73 juta dolar (Rp1 triliun).

Memang cukup aneh mengingat Ferrari belum memenangkan gelar juara untuk pembalap sejak 2007 dan untuk tim sejak 2008 lalu. Namun, rincian hadiah yang dirilis Liberty Media menjelaskan alasannya.

© givemesport
Rincian hadiah yang diterima tim Formual 1 atas prestasi mereka di musim 2018 Copyright: givemesportRincian hadiah yang diterima tim Formual 1 atas prestasi mereka di musim 2018

Dalam tabel hadiah tersebut, jumlah hadiah yang diterima terdiri dari tiga bagian. Bagian pertama adalah pendapatan yang dibayarkan kepada semua tim yang finis di 10 besar dalam dua dari tiga musim terakhir.

Bagian kedua merupakan hadiah uang yang dibayarkan dalam skala tergantung pada posisi tim yang finish di kompetisi sebelumnya.

Selain itu, bonus kejuaraan konstruksi dibayarkan kepada empat tim, di mana kali ini hanya tiga tim yang menerimanya, yakni Williams sebesar 10 juta dolar (Rp141 miliar) dan masing-masing 35 juta dolar (Rp494 miliar) untuk Mercedes dan Red Bull.

Ferrari, sementara itu menjadi satu-satunya tim yang menerima pembayaran ‘Long Standing Team’ sebesar 73 juta dolar AS (Rp1 triliun), karena secara konsisten menerima pembayaran hadiah sejak terlahir kembali 2013 silam.

Ikuti Terus Berita Formula 1 dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%