Formula 1

Profil Tim Alfa Romeo Racing: Kembalinya Tim F1 yang Melegenda

Selasa, 12 Maret 2019 14:38 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Autoweek
Alfa Romeo Racing Copyright: © Autoweek
Alfa Romeo Racing

INDOSPORT.COM - Ajang balapan Formula 1 akan kembali bergulir tahun ini. Seri pertama Formula 1 musim 2019 dijadwalkan digelar pada 17 Maret 2019 di Australia. 

Formula 1 2019 akan menggelar 21 seri balapan yang dimulai dari GP Australia hingga terakhir di GP Abu Dhabi, Desember nanti. 

Akan ada 20 pembalap yang berkompetisi di musim 2019. Juara bertahan Lewis Hamilton kembali dijagokan pada musim ini bersama juga dengan Sebastian Vettel. 

Selain 20 pembalap, Formula 1 2019 juga akan melibatkan 10 tim pabrikan mobil. Kesepuluh pabrikan itu adalah Merceders, Ferrari, Red Bull Racing, Renault, Haas, McLaren, Racing Point, Toro Rosso, Williams, dan Alfa Romeo. 

Untuk menyambut gelaran jet darat terbesar di dunia ini, kami pun secara khusus akan membahas tiap pabrikan mobil yang terlibat di dalamnya. Untuk kali ini, tim yang akan dibahas adalah Alfa Romeo Racing

Alfa Romeo

Alfa Romeo merupakan perusahan mobil buatan Italia. Perusahaan ini didirikan di Milan pada tahun 1910 silam. 

Alfa Romeo merupakan divisi dari pabrikan mobil raksasa Italia, Fiat. Alfa Romeo bergabung dengan Fiat pada 1986 lalu yang diikuti kepindahan markas ke Turin. 

Nama Alfa Romeo sendiri merupakan singkatan dari Anonima Lombarda Fabbrica Automobili

Dalam ajang balapan Formula 1, nama Alfa Romeo sudah dikenal sejak dekade 1930-an lalu. Alfa Romeo telah sukses berkompetisi di berbagai ajang balap mobil. 

Di berbagai kejuaraan itu, Alfa Romeo pernah menjadi konstruktor sekaligus pemasok mesin. Alfa Romeo juga merupakan 'saudara' dari Scuderia Ferrari yang juga adalah pabrikan mobil F1 saat ini.  

Pada 1929, pendiri Ferrari, Enzo Ferrari, mendirikan Scuderia Ferrari sebagai bagian tim Alfa Romeo. Namun pada tahun 1939 Scuderia Ferrari memisahkan diri menjadi tim sendiri. 

Setelah petualangan panjang selama puluhan tahun, Alfa Romeo akhirnya tak lagi terlibat secara langsung di ajang balap Formula 1 semenjak tahun 1985. 

Kelahiran Kembali

Munculnya nama legendaris Alfa Romeo Racing di balapan Formula 1 2019 ini tentunya mengejutkan banyak pihak. Sebuah nama yang dulu amat begitu terkenal kini kembali menghiasi barisan tim Formula 1. 

Nama Alfa Romeo Racing yang ada di Formula 1 2019 merupakan hasil perubahan nama dari Tim Sauber. Keputusan berganti nama ini diambil setelah Sauber menjalin kerja sama dengan Alfa Romeo sejak tahun 2018 silam. 

Semenjak berpisah dari ajang Formula 1 pada tahun 1985, pabrikan Alfa Romeo kembali aktif  lagi sebagai pemasok dan konstruktor mesin Scuderia Ferrari pada tahun 2015. 

Dengan jalinan kerjasama bersama Tim Sauber, Alfa Romeo Racing pun tak sekedar menjadi pemasok, melainkan siap menjadi tim mobil Formula 1. 

Keberadaan Alfa Romeo seakan menghadirkan nostalgia masa kejayaan mereka di F1 puluhan tahun silam. 

Menariknya, walau bekerjasama dengan Alfa Romeo Racing, namun kepemilikan dan manajemen tim Sauber tetap tak berubah. Mereka tetap sama dan hanya nama saja yang berubah. 

Pada musim 2019 ini Alfa Romeo Racing akan diperkuat juara dunia 2007 Kimi Raikkonen dan pembalap muda Antonio Giovinazzi. 

Daftar Pembalap Terkenal Alfa Romeo:

Nino Farina (Italia), Juan Manuel Fangio (argentina)

Lomba Pertama:

GP F1 Inggris 1950

Ikut Lomba:

110 kali

Gelar:

2 kali juara (1950, 1951)

Terus Ikuti Perkembangan Formula 1 dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%