MotoGP

Bukan Hanya Sirkuit Mandalika, Jokowi Juga Janjikan 3 Hal Ini Demi MotoGP 2021

Senin, 25 Maret 2019 10:49 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Twitter/@jokowi
Presiden Jokowi menjajal motor MotoGP versi jalan raya Honda RC213V-S Copyright: © Twitter/@jokowi
Presiden Jokowi menjajal motor MotoGP versi jalan raya Honda RC213V-S

INDOSPORT.COM - Presiden Joko Widodo kembali menekankan perhatiannya terhadap target digelarnya MotoGP 2021 di Sirkuit Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Kali ini perhatian ditunjukan lewat janjinya untuk segera merampungkan pembangunan tiga infrastruktur yang menjadi prioritas utama untuk mendukung gelaran MotoGP 2021 di Mandalika.

Ketiga infrastruktur penunjang tersebut adalah, perbaikan fasilitas pelabuhan yang ada, pengembangan jalan bypass BIL menuju Kuta dan perpanjangan runway Bandara Internasional Lombok (BIL).

"Semua penyelesaian infrastruktur tersebut sampai tuntas, mulai tahun 2019 dan akan selesai pada tahun 2020," kata pria yang akrab disapa Jokowi itu dikutip dari Antara.

"Semua pekerjaan itu dari pelabuhan, jalur bypass BIL ke Kuta dan perpanjangan runway bandara. Sudah saya perintahkan Menteri PU dan Menteri Perhubungan untuk mengerjakannya, mulai tahun ini dan insya Allah tahun depan selesai," tambah Jokowi.

Selain apa yang disebutkan Jokowi, Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB juga berencana akan membangun rumah sakit khusus di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah untuk menyambut perhelatan MotoGP 2021.

© INDOSPORT
Mandalika Copyright: INDOSPORTMandalika

"Kita akan bangun rumah sakit tipe B khusus, untuk trauma center. Segala sesuatunya menyangkut trauma," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB dr Nurhandini Eka Dewi.

Dibiayai melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian Kesehatan RI tahun 2020, Pemerintah Provinsi NTB  juga menekankan bahwa pembangunan rumah sakit tersebut tidak hanya untuk perhelatan MotoGP, namun akan dimanfaatkan oleh masyarakat sesuai dengan perkembangan kawasan Mandalika itu.

"Kalau Mandalika sudah jalan dan berkembang, rumah sakit jenis apa, tinggal kita kembangkan. Sehingga kemanfaatan rumah sakit itu, tidak hanya saat MotoGP, namun juga berkelanjutan bagi masyarakat di masa yang akan datang," terang Nurhandini Eka Dewi.

Diketahui, menyusul ditetapkannya NTB menjadi tuan rumah pagelaran MotoGP 2021, pemerintah Provinsi NTB telah menyiapkan langkah-langkah kongkrit.

Salah satunya membentuk Tim Khusus MotoGP, yang diketuai oleh Sekretaris Daerah (Sekda) NTB. Termasuk, pembenahan infrastruktur jalan dan sirkuit race bagi bagi para pebalap MotoGP.

Ikuti Terus Berita Sirkuit Mandalika dan Olahraga MotoGP hanya di INDOSPORT

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%