Gara-gara Payudara, Turnamen Formula 4 Tuai Kecaman di Media Sosial

Rabu, 10 April 2019 17:37 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© ANDREJ ISAKOVIC/AFP/Getty Images
Seorang Grid Girls di F4 (ilustrasi). Copyright: © ANDREJ ISAKOVIC/AFP/Getty Images
Seorang Grid Girls di F4 (ilustrasi).

INDOSPORT.COM – Kejuaraan turnamen balapan Formula 4 dan Touring Car Championship mendapat kecaman usai mengumumkan hanya akan menerima umbrella girl berpayudara besar untuk bekerja di acara tersebut.

Menurut laporan dari RT Sport, kejuaraan balap yang akan dihelat di Cicuito de Navarra, Spanyol itu telah menuai kontroversi dan kecaman dari warganet di sosial media.

Pasalnya sebuah perusahaan yang bekerja sama dengan tim ofisial kedua turnamen berencana untuk merekrut umbrella girl untuk menyemarakkan acara tersebut.

Namun yang membuat rencana tersebut menuai kecaman ialah yang mengharuskan para perempuan yang akan mendaftar harus memiliki payudara berukuran khusus sebagai persyaratannya.

“Kami mencari dua wanita yang akan bekerja untuk turnamen balap motor dan mobil dengan total bayaran 200 euro (skeitar Rp3,2 juta) dengan persyaratan harus memiliki lingkar dada berukuran 95 hingga 100 cm,” tulis iklan tersebut dilansir dari RT Sport.

Tentu saja iklan pekerjaan tersebut mendapatkan protes dari banyak pihak karena dianggap seksisme (diskriminasi terhadap suatu gender).

Hal ini kemudian membuat tim ofisial buka suara dan membantah mereka tidak terlibat dengan iklan kontroversial itu dengan menyebutkan bahwa mereka tak ada hubungannya serta selalu menolak tindakan seksisme.

Sebagai contoh, balapan Formula One (F1) telah melarang kehadiran umbrella girl sejak tahun lalu 2018 lalu, dan menggantikannya dengan anak-anak berprestasi yang menemani para pembalap sebagai bentuk modernisasi dunia olahraga .

Ikuti Terus Berita Olahraga dan Sepak Bola hanya di INDOSPORT