MotoGP

Circuit of the Americas, Wahana Bermain untuk Marc Marquez dalam 6 Tahun Terakhir

Sabtu, 13 April 2019 20:55 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© INDOSPORT
Marc Marquez sebelum balapan di MotoGP 2019 Qatar. Copyright: © INDOSPORT
Marc Marquez sebelum balapan di MotoGP 2019 Qatar.

INDOSPORT. COM - Marc Marquez, pembalap asal Spanyol ini sepertinya tak akan terlalu tegang menghadapi seri ketiga MotoGP 2019 di Circuit of the Americas.

MotoGP 2019 pada hari Senin (15/4/19) dini hari mendatang, akan melangsungkan seri ketiganya, yakni GP Amerika Serikat. Para pembalap bakal menjalani 20 putaran di Circuit of the Americas (COTA) untuk bersaing menjadi yang tercepat.

Jelang balapan ini, nama Marc Marquez bisa dibilang jadi yang paling menonjol di antara pembalap lainnya. Maklum saja, Marquez memang punya rekor atau catatan sempurna setiap kali melakoni balap di COTA.

Buktinya bisa terlihat pada kiprah Marquez dalam enam tahun terakhir. Marquez selalu berhasil naik podium pertama dan merajai COTA.

Kisah kejayaan Marquez dimulai dari tahun 2013 lalu. Kala itu, Marquez yang baru menjalani musim perdananya di kelas MotoGP, berhasil keluar sebagai pemenang dan mengungguli dua pembalap seniornya, Dani Pedrosa (podium kedua) dan Jorge Lorenzo (podium ketiga).

Kejayaan Marquez pun terus berlanjut hingga lima musim berikutnya. MotoGP musim 2014 sampai 2018, nama Marquez selalu berhasil menjadi yang tercepat di COTA.

Melihat segala rekor mengesankan tersebut, Marquez tentu sangat diunggulkan untuk bisa menjadi juara di balapan akhir pekan nanti, dan memperpanjang rekornya. Terlebih lagi, Marquez pada seri sebelumnya di Argentina, baru saja menuai kemenangan setelah mengungguli Valentino Rossi (podium kedua) dan Andrea Dovizioso.

Meski demikian, Marquez tetap tak boleh terlalu jumawa ketika melakoni balap. Sebelum race selesai, peluang pembalap lain untuk menjegal Marquez masih terbuka lebar.

Belum lagi, ada nama Valentino Rossi yang kemungkinan akan memberikan perlawanan sengit untuk Marquez pada balapan esok. Sebagai informasi, Rossi jadi satu-satunya pembalap MotoGP saat ini, selain Marquez, yang berhasil meraih gelar juara di GP Amerika.

Masih terkenang pada musim 2008 lalu, ketika Rossi menjuarai GP Amerika di sirkuit Laguna Seca. Rossi memenangkan balapan setelah hampir sepanjang balapan terlibat persaingan sengit dengan Casey Stoner.

Lalu, bisakah Marquez memperpanjang rekornya di COTA yang sudah seperti wahana bermainnya sendiri? Ataukah justru pembalap lain yang bakal mematahkan rekor Marquez?

Ikuti Terus Berita Olahraga MotoGP hanya di INDOSPORT