Formula 1

Vettel Ungkap Betapa Sulitnya Mengaspal di Baku untuk F1 GP Azerbaijan

Kamis, 25 April 2019 09:35 WIB
Penulis: Nugrahenny Putri Untari | Editor: Isman Fadil
© Peter J Fox/Getty Images
Sebastian Vettel mengakui sirkuit di Baku memiliki tingkat kesulitan tinggi. Peter J Fox/Getty Images. Copyright: © Peter J Fox/Getty Images
Sebastian Vettel mengakui sirkuit di Baku memiliki tingkat kesulitan tinggi. Peter J Fox/Getty Images.

INDOSPORT.COM - Sebastian Vettel mengungkap tantangan terbesar balapan di Baku City Circuit jelang gelaran F1 GP Azerbaijan yang akan berlangsung pada Minggu (28/04/19).

Menurutnya, lintasan di baku begitu sempit dan akan sangat sulit dihadapi. Saking menantangnya, Vettel sampai mengibaratkannya sebagai sebuah lubang jarum.

Mengapa demikian? Vettel merasa Baku City Circuit memiliki trek lurus yang cukup panjang lalu kemudian menikung, sehingga para pembalap harus ekstra hati-hati ketika sudah terlanjur menikmati tancap gas dengan kecepatan tinggi.

“Sirkuit enam kilometer ini memiliki trek lurus terpanjang, sekitar 2,2 kilometer. Kami bisa mencapai kecepatan 360 kmph sebelum akhirnya harus mengerem keras ketika mencapai belokan kiri pertama,” kata Vettel, dikutip dari laman berita olahraga Planet F1.

Selain itu, Vettel juga menjelaskan kalau tanjakan yang harus mereka lalui lebarnya hanya sekitar tujuh meter. Ukuran tersebut dinilai Vettel cukup ‘menyiksa’ lantaran terlalu sempit untuk mobil Formula 1.

“Rasanya Anda seperti memasukkan benang ke lubang jarum, tidak ada cukup ruang untuk dua mobil. Tantangan terbesar di Baku adalah menemukan level yang tepat untuk sayap kanan ketika melintas pelan di belokan,” jelasnya lagi.

F1 GP Azerbaijan merupakan rangkaian keempat dari perhelatan Formula 1 musim 2019. Sejauh ini, Vettel belum meraih satu pun kemenangan di tiga balapan sebelumnya meski berstatus pembalap utama Ferrari.

Walaupun terus-terusan kalah saing dari Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas, paling tidak Vettel masih sanggup mempertahankan pencapaiannya di posisi lima besar. Hasil terbaiknya adalah meraih podium ke-3 saat F1 GP China pada 14 April 2019 lalu.

Euforia Arema FC Juara Piala Presiden 2019

 

Ikuti Terus Berita Formula 1 dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM