MotoGP

Beda Gaya Balap Valentino Rossi dan Marc Marquez Ketika Melibas Tikungan

Jumat, 3 Mei 2019 18:53 WIB
Penulis: Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Getty Images
Valentino Rossi dan Marc Marquez Copyright: © Getty Images
Valentino Rossi dan Marc Marquez

INDOSPORT.COM – Dua pembalap papan atas MotoGP, Marc Marquez dan Valentino Rossi meraih hasil bertolak belakang pada sesi latihan bebas hari pertama MotoGP Jerez, Jumat (3/5/19) siang waktu setempat.

Marquez menjadi pembalap tercepat pada sesi latihan bebas hari pertama. Pembalap Repsol Honda itu mencatatkan waktu tercepat 1 menit 37,921 detik.

Ia unggul tipis dari rekan setimnya Jorge Lorenzo yang menempati posisi dua dengan catatan waktu 1 menit 38,045 detik.

Berbeda dengan duet Repsol Honda yang mampu tampil dominan, Rossi justru terpuruk pada latihan bebas hari pertama.

Jagoan Yamaha itu hanya mampu menempati peringkat 18 dengan catatan waktu 1 menit 39,380 detik. Catatan waktu Rossi berselisih hampir dua menit dengan Marquez.

Meski kedua pembalap mencatatkan hasil yang berbeda, namun ada satu momen menarik yang melibatkan Rossi dan Marquez pada sesi latihan bebas hari pertama MotoGP Jerez.

Ketika melewati tikungan yang sama, Rossi dan Marquez menunjukkan dua gaya membalap berbeda, namun sama-sama mengundang decak kagum.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by MotoGP (@motogp) on

Rossi yang dikenal sebagai pembalap penuh perhitungan, memiliki gaya menikung yang lebih smooth dengan mengambil sisi paling dalam di tikungan, kemudian memposisikan motor serendah mungkin. Bahkan ketika menikung, tak jarang Rossi sampai melewati rumble strips di sisi lintasan.

Berbeda dengan Rossi yang kalem di tikungan, Marquez dikenal sebagai pembalap agresif yang berani kencang ketika melibas tikungan. Hal tersebut ia tunjukkan ketika melewati tikungan yang sama dengan Rossi di sesi latihan bebas MotoGP Jerez.

Marquez mengambil turn point lebih lebar dan tajam dibanding Rossi, kemudian disertai hard braking atau mengerem sampai ujung batas. Banyak yang menilai, gaya nikung Marquez ini bertujuan untuk melintasi tikungan lebih cepat dan menghemat waktu.

Meski punya gaya membalap berbeda, Rossi dan Marquez diakui publik sebagai pembalap terhebat di eranya masing-masing.

Rossi merupakan legenda hidup MotoGP dengan tujuh gelar juara dunia di kelas premier. Sedangkan Marquez disebut-sebut sebagai calon legenda MotoGP yang kini sudah mengoleksi lima gelar juara dunia kelas MotoGP.

Terus Ikuti Berita MotoGP Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM