Formula 1

Mengenang Insiden Lewis Hamilton dan Nico Rosberg di F1 GP Spanyol 2016

Sabtu, 11 Mei 2019 00:12 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Yohanes Ishak
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Lewis Hamilton memiliki momen tak terlupakan di F1 GP Spanyol 2016. Pada gelaran tersebut, ia dan rekan setimnya di Mercedes, Nico Rosberg, mengalami insiden tabrakan yang membuat keduanya keluar dari balapan sejak putaran pertama.

Setelah lampu hijau menyala, Hamilton yang start di pole position tidak dapat mempertahankan posisinya setelah memasuki tikungan pertama. Rosberg, rekan setimnya di Mercedes yang memulai balapan dari posisi kedua, menyalipnya dari sisi luar.

Saat akan memasuki tikungan ketiga, mobil yang dikendarai Rosberg mengalami masalah pada kekuatan mesin dan bergerak melambat. Rosberg yang terpaksa bermain bertahan membuat Hamilton yang ada di belakangnya terkejut dan membanting setirnya ke arah kanan.

Sesaat setelahnya, laju mobil Hamilton menyentuh rerumputan dan ia tidak bisa menguasai mobilnya. Hanya berselang dua hingga tiga detik kemudian, pembalap asal Inggris itu menabrak Rosberg sebelum memasuki tikungan ketiga.

Insiden tabrakan tersebut kemudian menyulut amarah kedua pembalap. Hamilton melempar setirnya sebelum keluar dari mobil. Sementara itu, Rosberg dalam sesi wawancara setelahnya bersikeras bahwa itu bukanlah murni kesalahannya.

Kejadian itu hanyalah salah satu bagian rivalitas antara Hamilton dan Rosberg pada musim itu. Pada akhir musim 2016, Rosberg keluar sebagai juara Formula 1 untuk pertama kalinya. Ia kemudian memutuskan untuk pensiun dan tempatnya di Mercedes diisi oleh Valtteri Bottas.

Sementara itu, Max Verstappen yang membela tim Red Bull saat itu keluar sebagai juara. Kala itu, ia masih berusia 18 tahun dan mampu mempertahankan posisinya dari serangan pembalap Ferrari, Kimi Raikkonen, yang finish hanya terpaut setengah detik di belakang Verstappen. Kemenangan itu menjadi yang pertama sepanjang karier pembalap asal Belanda tersebut.

Ikuti Update Berita Formula 1 Lainnya di INDOSPORT.COM