Bola Internasional

Pahlawan Kemenangan Tottenham Hotspur Miliki 'Koneksi' dengan Persela Lamongan

Jumat, 10 Mei 2019 18:59 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Dan Mullan/GettyImages
Lucas Moura menjadi aktor kemenangan Tottenham Hotspur atas Ajax Amsterdam di semifinal Liga Champions 2018/19. Copyright: © Dan Mullan/GettyImages
Lucas Moura menjadi aktor kemenangan Tottenham Hotspur atas Ajax Amsterdam di semifinal Liga Champions 2018/19.

INDOSPORT.COM – Lucas Moura, pemain yang membawa Tottenham Hotspur lolos ke final Liga Champions 2018/19, secara tidak langsung memiliki hubungan dengan Persela Lamongan. Pasalnya, ia merupakan bekas rekan setim gelandang terbaru Persela Lamongan, Rafinha, di klub Sao Paulo pada musim 2012 lalu.

Dilansir dari situs Transfermarkt, meski berada dalam skuat yang sama, kedua pemain sepak bola yang berposisi sebagai gelandang serang ini tidak pernah bermain bersamaan.

Kala itu, mereka secara bergantian mengisi skuat asuhan Emerson Leao. Saat Lucas absen untuk membela Timnas Brazil dalam ajang Olimpiade 2012, Rafinha mengisi posisi yang ditinggalkannya.

Lucas bersama Sao Paulo pada musim tersebut berhasil menjuarai ajang Copa Sudamericana. Pada partai puncak melawan wakil Meksiko, Tigre, ia mencetak satu gol dan satu assist untuk membawa El Tricolor memenangkan laga dengan skor 2-0.

Sedangkan, kiprah Rafinha di klub tersebut sendiri terbilang singkat. Di kancah Liga Brasil, ia bermain sebanyak empat kali dan mengemas satu assist. Namun, memasuki paruh kedua musim, ia dipinjamkan ke sesama klub Brasil, Guarani.

Berbicara karier, keduanya menunjukkan destinasi yang jauh berbeda. Lucas menuju kompetisi sepak bola Eropa pada 2013 setelah dibeli oleh Paris Saint-Germain dengan harga 36 juta poundsterling (setara Rp673 miliar). Ia kemudian menarik hati Mauricio Pochettino dan bergabung ke Spurs pada jendela transfer musim dingin 2018.

Di sisi lain, Rafinha banyak menghabiskan kariernya di kompetisi sepak bola Amerika Latin. Sebelum bergabung dengan Persela, ia tercatat membela tujuh klub Brasil, dua klub Meksiko, satu klub Kosta Rika, satu klub Portugal. Ia mendapatkan gelar pertama sepanjang kariernya di Kosta Rika bersama Herediano SC pada 2017.

Lucas akan bertarung memperebutkan trofi Liga Champions pertamanya serta posisi ketiga Liga Primer Inggris 2018/19. Pada pekan terakhir liga domestik Inggris, Tottenham akan menjamu Everton pada Sabtu (11/5/19) esok. Sedangkan, partai final Champions melawan Liverpool sendiri akan dimainkan pada 1 Juni 2019 mendatang.

Sementara itu, Rafinha akan segera menjalani debutnya di kancah Liga 1 (kasta tertinggi bola Indonesia) 2019. Persela akan menghadapi Madura United di laga pembuka pada Jumat (17/5/19).

Ikuti Update Berita Sepak Bola Internasional Lainnya di INDOSPORT.COM

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%