MotoGP

Sirkuit Le Mans, Trek 'Horor' dan Rawan Kecelakaan MotoGP Prancis

Jumat, 17 Mei 2019 16:03 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
© lemainelibre.fr
Circuit de la Sarthe, Le Mans, Prancis. Copyright: © lemainelibre.fr
Circuit de la Sarthe, Le Mans, Prancis.

INDOSPORT.COM - MotoGP Prancis 2019 akan berlangsung di Sirkuit Le Mans, Minggu 19 Mei 2019. Berikut profil dan fakta Sirkit Le Mans yang gelar MotoGP Prancis 2019. 

Ajang balap motor bergengsi MotoGP 2019 akan segera menggelar balapan ke-5 dalam kalender 2019. Balapan ke-5 MotoGP 2019 adalah GP Prancis, atau bernama SHARK Helmets Grand Prix de France. 

Sirkuit Le Mans akan menjadi lokasi balapan bagi pembalap-pembalap ternama di kancah MotoGP. Marc Marquez masih memimpin klasemen dengan 70 poin. 

Alex Rins berada di belakangnya dengan 69 poin, Andrea Dovizioso dengan 67 poin, dan Valentino Rossi dengan 61 poin. 

Sebelum menyaksikan pertarungan para pembalap MotoGP akhir pekan ini, berikut INDOSPORT menyajikan beberapa fakta Sirkuit Le Mans. 

Punya Beberapa Nama

Sirkuit Le Mans berlokasi di Le Mans, Pays de la Loire, Prancis. Sirkuit ini mulai dibuka pada tahun 1923 dan memiliki dua trek utama. 

Sirkuit ini memiliki beberapa nama lain sesuai event yang digelar. Circuit des 24 Heures du Mans atau Circuit de la Sarthe dipakai untuk ajang balap seperti 24 Hours of Le Mans Moto. 

Untuk balapan ini, panjang treknya adalah 13,626 kilometer. Sedangkan untuk ajang MotoGP, Bugatti Circuit yang dipakai. 

Sirkuit Bugatti sendiri adalah trek balapan permanen yang berlokasi di dalam Sirkuit Le Mans. Sirkuit Bugatti memakai beberapa bagian dari Sirkuit Le Mans dan panjangnya hanya 4,273 kilometer. 

Nama Sirkuit Bugatti diambil dari nama Ettore Bugatti, seorang desainer mobil dan pendiri dari Automobiles E.Bugatti. Perusahaan pembuat mobil yang produknya terkenal seperti Bugatti Veyron dan Bugatti Chiron. 

Dikuasai Pembalap Spanyol

Balapan MotoGP Prancis di Sirkuit Le Mans sendiri dikuasai oleh pembalap Spanyol dalam 10 tahun terakhir. Dalam 10 tahun terakhir, 9 balapan dimenangkan oleh pembalap-pembalap Spanyol. 

Pada MotoGP Prancis 2018, Marc Marquez memangkan balapan dengan mengalahkan Danilo Petrucci. 

Pembalap Spanyol lain, Jorge Lorenzo, pernah memenangkan GP Prancis sebanyak 5 kali, dan menjadi yang terbanyak. Namun untuk podium terbanyak masih dimiliki oleh Valentino Rossi. 

Valentino Rossi naik ke podium MotoGP Prancis sebanyak 13 kali di kelas MotoGP. Valentino Rossi juga punya rekor pole position terbanyak di MotoGP Prancis dengan 5 kali pole position. 

Johann Zarco mengamankan pole position di MotoGP Prancis musim lalu. Itu adalah pole pertama yang didapat oleh seorang pembalap Prancis di kelas MotoGP sejak Christian Sarron melakukannya pada 1988.

Rawan Kecelakaan

Bentuk sirkuit yang unik, serta memiliki setidaknya empat tikungan tajam, membuat Sirkuit Le Mans sangat rawan kecelakaan. 

Tahun 2018 lalu, sejumlah pembalap mengalami insiden di Sirkuit Le Mans. Seperti Jack Miller di tikungan 3, Pol Espargaro di tikungan 8, serta Franco Morbidelli di tikungan 12. 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by MotoGP (@motogp) on

Alex Rins dan Valentino Rossi juga sempat terjatuh saat balapan di Sirkuit Le Mans musim lalu. Sedangkan tabrakan beruntun pernah terjadi di kelas Moto3 pada MotoGP 2017 lalu. 

Ikuti Terus Berita MotoGP dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM