Formula 1

Pembalap Legendaris F1 Niki Lauda Meninggal Dunia

Selasa, 21 Mei 2019 08:56 WIB
Penulis: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya | Editor: Arum Kusuma Dewi
© The Advertiser
Niki Lauda legenda Formula 1 tutup usia. Copyright: © The Advertiser
Niki Lauda legenda Formula 1 tutup usia.

INDOSPORT.COM - Kabar duka menyelimuti dunia balap Formula 1 setelah salah satu pembalap legendarisnya, Niki Lauda, dikabarkan meninggal dunia pada usia ke-70. Hal ini telah dikonfirmasi oleh pihak keluarga seperti yang dilansir dari Mirror.

Dalam rilisannya, Niki Lauda meninggal dunia dikarenakan masalah ginjal. Media Austria mengabarkan, sebelum menghembuskan napas terakhirnya, juara dunia tiga kali ini tengah menjalani dialisis atau cuci darah di salah satu klinik di Swiss.

"Ia (Niki Lauda) meninggal dikarenakan masalah ginjal. Ia harus dipindahkan dari pusat rehabilitasi ke klinik swasta untuk melakukan cuci darah," ujar Florian yang merupakan saudara Lauda.

Pada awal tahun 2019, Niki Lauda sempat dilarikan ke rumah sakit dikarenakan flu. Setelah itu, lima bulan kemudian ia harus menjalani operasi transplantasi paru-paru.

"Dengan kesedihan yang mendalam, kami mengumumkan bahwa Niki yang kami cintai telah meninggal dalam damai bersama keluarganya pada Senin (waktu setempat)," pernyataan dari keluarganya seperti yang dikuti dari The Sun.

Nama Niki Lauda sendiri abadi di telinga para pecinta jet darat. Ia pernah mendapat luka bakar di sebagian tubuhnya saat mobil yang ia mengalami tabrakan hebat di Sirkuit Nurburgring, Jerman, tahun 1976. Meski begitu, enam minggu setelah kecelakaan hebat tersebut, ia kembali ke belakang roda kemudi dan melanjutkan balapan.

Atas semangatnya tersebut, namanya diabadikan dalam sebuah film berjudul 'Rush' yang menceritakan semangat pantang menyerahnya meski pernah mengalami kecelakaan fatal yang hampir merenggut nyawanya.

Selamat Jalan, Niki Lauda.

Ikuti Terus Berita Formula 1 dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM