MotoGP

Ditambah Balapan Indonesia, MotoGP Berharap Bisa Lampaui Formula 1

Sabtu, 25 Mei 2019 15:14 WIB
Penulis: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Twitter/MotoGP
Sirkuit Mandalika untuk MotoGP 2021 diharapkan mampu mendongkrak popularitas balap kuda besi melampaui Formula 1 Copyright: © Twitter/MotoGP
Sirkuit Mandalika untuk MotoGP 2021 diharapkan mampu mendongkrak popularitas balap kuda besi melampaui Formula 1

INDOSPORT.COM - Masa depan MotoGP nampaknya akan menjadi lebih cerah dan akan lampaui Formula 1 (F1) berkat kejeniusan Dorna yang dikabarkan akan memperpanjang kontrak untuk menggelar balapan kuda besi tersebut hingga 2026.

Kontrak Dorna selaku penyelenggara MotoGP akan habis pada 2021 nanti. Namun kontrak tersebut nampaknya akan diperpanjang. Dengan kabar tersebut, tentu akan membawa dampak besar bagi perkembangan MotoGP kedepannya. 

Kabarnya buah dari perpanjangan kontrak tersebut akan menambah jumlah balapan dari 20 gelaran menjadi 22. Seperti yang dilansir dari GPone, dengan jumlah maksimum balapan dalam satu kalender yang dicanangkan Dorna, maka MotoGP akan melampaui jumlah balapan yang dimiliki F1 dengan jumlah 21 balapan.

Saat ini, MotoGP setidaknya memiliki 19 balapan. Dengan kepastian Finlandia dan Indonesia untuk menggelar balapan pada tahun 2020 dan 2021, maka dalam beberapa tahun kedepan total balapan akan menjadi 21.

Angka yang terbilang cukup untuk menggelar balapan. Namun, Dorna masih membuka pintu bagi negara atau sirkuit lain mendaftar untuk menyelenggarakan balapan.

Penambahan jumlah balapan tersebut tak akan berpengaruh terhadap jumlah pembalap yang akan bertanding. Carmelo Ezpeleta yang merupakan CEO Dorna menganggap 24 rider sudah cukup. Bahkan, ia pun tak menginginkan tambahan pabrikan karena merasa puas dengan partisipasi Aprilia, Ducati, KTM, Honda, Suzuki dan Yamaha.

Indonesia menjadi salah satu negara yang dipastikan menggelar MotoGP setelah adanya kesepakan yang terjalin dari Dorna dan pemerintah. Balapan di Tanah Air akan berlangsung di Sirkuit Mandalika, NTB, yang diperkirakan akan rampung pembangunannya pada tahun 2021.