Formula 1

Hasil Kualifikasi F1 GP Monako 2019: Ferrari Drama, Lewis Hamilton Pole Position

Sabtu, 25 Mei 2019 22:01 WIB
Editor: Juni Adi
© Twitter.com/@F1
Suasana balapan kualifikasi GP Monaco 2019. Copyright: © Twitter.com/@F1
Suasana balapan kualifikasi GP Monaco 2019.

INDOSPORT.COM - Pembalap Marcedes, Lewis Hamilton sukses meraih pole position dalam sesi kualifikasi F1 GP Monako 2019 seri ke-6, pada Sabtu (25/05/19) malam WIB.

Pembalap asal Inggris itu jadi yang tercepat, dengan catatan waktu 1 menit 10,166 detik. Lewis Hamilton unggul tipis dari rekan setimnya, Valterri Bottas yang berada di urutan kedua, dengan waktu tempuh 1 menit 10,252 detik.

Sementara di posisi ketiga ditempati oleh pembalap Red Bull, Max Verstappen dengan catatan waktu 1 menit 10,641 detik. Hasil tersebut membuat Hamilton akan mengawali balapan pada Minggu (26/05/19) nanti di posisi terdepan.

Jalannya Sesi Kualifikasi

Berlangsung di Sirkuit Monako, balapan berlangsung cukup dramatis terutama ketika baru dimulai. Adalah dua pembalap Ferrari yang membuat kegaduhan yakni Charles Leclerc dan Sebastian Vettel.

Kejadian bermula saat Vettel berada di rombongan lima pembalap calon eliminasi sesi kualifikasi pertama (Q1). Namun pada dua menit sisa waktu Q1, Vettel berhasil memperbaiki catatan waktunya dan menjadi yang tercepat di Q1.

Sialnya, keberhasilan Vettel keluar dari zona eliminasi memberikan dampak buruk untuk rekan setimnya, Charles Leclerc.

Pasalnya, Vettel telah membuat Leclerc tersingkir di Q1 dan gagal melaju ke Q2. Padahal, Leclerc sempat jadi yang tercepat di FP3.

Ketika Sebastian Vettel menyetuh garis finish di akhir Q1, Charles Leclerc saat itu berada di urutan 15. Dengan demikian posisi pembalap asal Monako itu pun tergeser ke urutan 16. 

Memasuki Q2, sejumlah pembalap langsung tancap gas untuk merebut catatan waktu terbaik. Gembrakan dibuat oleh duo Marcedes, Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas dengan menembus waktu 1 menit 10 detik.

Persaingan sengit justru ada di barisan belakang, dimana sejumlah pembalap berusahan untuk menghindari zona eliminasi sebelum akhirnya terdapa lima nama yang harus tersingkir. 

Mereka adalah Nico Hulkenberg, Lando Norris, Romain Grosjean, Kimi Raikkonen, dan Antonio Giovinazzi. 

Sedangkan di Q3, dominasi Marcedes masih tidak bisa dibendung. Valetteri Bottas sempat memimpin dengan catatan waktu 1 menit 10,252 detik.

Namun di sesi terakhir, Hamilton berhasil mengalahkan waktu Bottas dengan 1 menit 10,166 detik yang membuatnya meraih pole position.

Berikut Hasil Lengkap Kualifikasi F1 GP Monako 2019:

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%