In-depth

Mengulik Rencana Jokowi Gelar F1 Indonesia, Mission Impossible?

Sabtu, 25 Mei 2019 15:02 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© Merdeka.com/Arie Basuki/Eli Suhaeli/INDOSPORT
Presiden petahan, Jokowi masukan agenda bakal tuan rumah Formula 1 di Indonesia. Copyright: © Merdeka.com/Arie Basuki/Eli Suhaeli/INDOSPORT
Presiden petahan, Jokowi masukan agenda bakal tuan rumah Formula 1 di Indonesia.

INDOSPORT.COM – Indonesia sedikit tertinggal dari negara-negara Asia Tenggara lainnya, dalam dunia olahraga. Karena, bisa dikatakan, jika semangat olahraga masyarakat Indonesia baru berkobar ketika gelaran Asian Games 2018 lalu.

Jika memang benar demikian, maka Indonesia sangat tertinggal jauh dari tetangganya. Beberapa negara Asia Tenggara lainnya sudah begitu serius memikirkan kegiatan atau ajang olahraga lebih dari satu dekade lalu.

Sebut saja Malaysia, yang telah menggelar ajang MotoGP sejak 1991 silam. Bahkan Malaysia sudah memastikan diri menjadi wakil ASEAN pertama yang memiliki tim MotoGP pada musim depan.

Artinya, Indonesia sudah tertinggal kurang lebih 28 tahun dari Malaysia. Jangankan mengirim pembalap atau tim, sirkuit balapan bertaraf internasional saja sampai saat ini masih dalam rencana pembangunan.

Sekedar infromasi, Indonesia saat ini masih merencanakan pembangunan sirkuit bertaraf internasional di Mandalika Nusa Tenggara Barat (NTB). Tak hanya untuk menggelar ajang MotoGP, namun sirkuit itu nantinya juga bakal menjadi tempat Formula 1.

Melihat kondisi di atas, seharusnya menjadi tamparan keras bagi Indonesia. Padahal, penonton asing terbanyak di setiap ajang MotoGP Malaysia, adalah masyarakat Indonesia. Sangat ironis mendengar kabar tersebut.

Tak hanya kalah dengan Malaysia, Indonesia secara mengejutkan harus tertinggal dari Vietnam. Karena Vietnam sudah mendaftarkan diri sebagai tuan rumah MotoGP pada 2020 mendatang. Langkah itu diambil ketika Malaysia mundur sebagai tuan rumah F1.

Olahraga Vietnam memang tengah berkembang pesat sejak 2018 kemarin. Tak hanya sepak bola, yang berhasil menjuarai Piala AFF 2018, namun mereka juga melakukan gebrakan mengejutkan di dunia F1.

Oleh karena itu, Presiden Indonesia, Joko Widodo mengarahkan agar Sirkuit Mandalika juga dapat menggelar turnamen balap mobil F1. Jokowi menilai bahwa diadakannya turnamen jet darat tersebut bisa memberikan keuntungan bagi Indonesia terutama di sektor wisata.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%