Formula 1

Jokowi Minta Sirkuit Mandalika Juga Gelar Balapan Formula 1

Kamis, 23 Mei 2019 11:17 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Twitter/MotoGP
Desain Sirkuit Mandalika untuk MotoGP 2021. Copyright: © Twitter/MotoGP
Desain Sirkuit Mandalika untuk MotoGP 2021.

INDOSPORT.COM – Presiden Indonesia, Joko Widodo mengarahkan agar Sirkuit Mandalika juga dapat menyelenggarakan turnamen balap mobil Formula 1.

Hal tersebut dilontarkan oleh direktur utama Indonesia Tourism Development Corporation, Abdulbar M Mansoer yang menyampaikan mandat dari orang nomor satu di tanah air tersebut.

Presiden yang akrab disapa Jokowi itu menilai bahwa diadakannya turnamen jet darat tersebut bisa memberikan keuntungan bagi Indonesia terutama di sektor wisata.

“Beliau menyampaikan bahwa Formula 1 ini patut kita jajaki untuk diselenggarakan dalam rangka ‘country branding’ Indonesia untuk memperkuat ‘sport tourism’ di Indonesia selain MotoGP,” kata Abdulbar, dilansir dari Antara.

Abdulbar juga menjelaskan progres pembangunan Sirkuit Mandalika yang baru akan dimulai pada Oktober 2019. Pembangunan jalan sepanjang 4,3 km itu ditargetkan membutuhkan waktu selama 12 bulan.

“Kami mendapatkan kepastian dari sang arsitek treknya bahwa bentuknya tak perlu diubah, hanya ada perlakuan untuk top soil dan ada beberapa sinyal atau sensor yang harus ditambahkan. Tapi tidak mengubah secara signifikan baik dari finansial maupun sisi teknis jalan,” tambahnya.

Sebagai informasi tambahan, sirkuit yang berada di Lombok, Nusa Tenggara Barat ini akan menyajikan sesuatu yang istimewa. Sebab, akan menjadi yang sirkuit pertama dalam sejarah MotoGP yang digelar di jalan raya dengan memenuhi standar keamanan tingkat tinggi.

Ikuti Terus Berita Formula 1 dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM