MotoGP

Fakta-fakta Sirkuit Mugello, Rumahnya Valentino Rossi

Sabtu, 1 Juni 2019 19:07 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Yohanes Ishak
© Grafis:Yanto/Indosport/Getty Images
Valentino Rossi (Sirkuit Mugello) Copyright: © Grafis:Yanto/Indosport/Getty Images
Valentino Rossi (Sirkuit Mugello)

INDOSPORT.COM – Ajang balapan MotoGP Italia 2019 akan berlangsung Senin (02/06/19) di Sirkuit Mugello mulai pukul 19.00 WIB.

Pembalap Honda, Marc Marquez, saat ini masih menempati peringkat pertama dengan raihan 95 poin, disusul Andrea Dovizioso di urutan kedua.

Valentino Rossi yang akan menjadi tuan rumah di MotoGP Italia nanti berada di posisi 4. Ia masih terus mengincar podium pertamanya sejak terakhir 2017 di MotoGP Assen, Belanda.

Sirkuit Mugello terkenal sebagai rumahnya Rossi. Pembalap Monster Energy Yamaha itu menggenggam banyak rekor di lintasan sepanjang 5,2 km tersebut.

Berikut portal berita olahraga INDOSPORT merangkum fakta-fakta Sirkuit Mugello, Italia.

Sirkuit Berpemandangan Indah

Sirkuit Mugello terletak di dekat Firenze yang termasuk daerah berbukit Tuscany. Dominasi pepohonan dan pemandangan alam yang indah menjadi daya tarik Sirkuit Mugello.

Dibuka Untuk Umum

Lintasan ini dibuka untuk publik dengan membeli semacam tiket untuk mendapatkan izin melintas di sana. Sirkuit milik Ferrari ini tentu hanya dapat digunakan untuk umum saat tidak dipakai balapan resmi.

Data dan Fakta

Pertama kali menggelar MotoGP pada 1976, Sirkuit Mugello baru secara konsisten menyelenggarakan balapan motor pada 1992.

Sirkuit Mugello punya 15 tikungan dan trek lurus sepanjang 1.141 m. Total jarak yang ditembuh pembalap di sirkuit ini 120,6 km.

Rumah Valentino Rossi

Setiap balapan di Sirkuit Mugello selalu dihadiri setidaknya 90.000 penonton. Total kapasitas tempat duduk padahal hanya 50.000.

Penonton di Sirkuit Mugello biasanya terbagi ke dalam dua kubu, kuning dan merah. Kubu kuning merepresentasikan pendukung setia Rossi yang berada di bagian Poggio Secco.

Helm Khusus

Hal menarik yang selalu mengiringi balapan di Sirkuit Mugello ialah keberadaan helm khusus Rossi. Helm ini didesain untuk balapan di Sirkuit Mugello.

Helm Rossi ini merupakan hasil kolaborasi dengan desainer ternama Italia, Aldo Drudi. Keberadaan helm khusus tersebut akan menjadi daya tarik tersendiri di balapan nanti.

Rekor Rossi di Mugello

Sirkuit Mugello juga merupakan rumah bagi Rossi. Ia menggenggam rekor yang belum terpecahkan hingga kini dengan meraih kemenangan terbanyak, yakni 9 kali.

Sebanyak 2 kemenangan diraih di kelas 125cc dan 250 cc, sementara 7 didapat di kelas MotoGP dengan rincian 2 bersama Honda dan 5 bersama Yamaha.

Rossi juga menggenggam rekor tercepat dengan catatan waktu 1:46,208 pada tahun 2018. Ia pernah meraih 7 kemenangan beruntun di Sirkuit Mugello pada 2002 hingga 2008.

Namun demikian, kemenangan di tahun 2008 menjadi yang terakhir bagi Rossi di Sirkuit Mugello. Setelah itu, ia Rossi tidak pernah meraih kemenangan lagi di rumahnya.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%