MotoGP

4 Fakta yang Harus Diketahui Tentang MotoGP Catalunya 2019 Pekan Ini

Jumat, 14 Juni 2019 06:27 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Yohanes Ishak
© INDOSPORT/Wikipedia
Sirkuit Catalunya Copyright: © INDOSPORT/Wikipedia
Sirkuit Catalunya

INDOSPORT.COM - Seri ketujuh MotoGP 2019 akan kembali digelar Minggu (16/06/19) mendatang di Sirkuit Catalunya, Spanyol.

Para pembalap papan atas seperti Valentino Rossi, Marc Marquez, Jorge Lorenzo, Andrea Dovizioso dan lain sebagainya dipastikan bakal saling adu sikut untuk menjadi yang terbaik di MotoGP Catalunya 2019 ini.

Bagi Marc Marquez, balapan kali ini akan dimanfaatkan untuk memperlebar jarak dari kompetitor terdekatnya, Dovizioso yang menempati peringkat kedua klasemen sementara MotoGP 2019.

Sementara bagi Lorenzo, sirkuit ini akan digunakannya sebagai momentum kebangkitan setelah terpuruk di enam seri MotoGP 2019 yang telah digelar dan untuk The Doctor, Sirkuit Catalunya akan coba digunakannya untuk kembali naik takhta dari peringkat kelima.

Berikut ini INDOSPORT merangkum segala hal yang harus diketahui soal MotoGP Catalunya 2019 yang akan digelar akhir pekan ini:

Preview MotoGP Catalunya 2019:

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez memang tidak memiliki catatan yang mengesankan di MotoGP Catalunya. Pembalap yang dijuluki The Baby Alien tersebut tercatat baru satu kali naik podium di Sirkuit Catalunya, tepatnya pada tahun 2014.

Tetapi bukan berarti Marquez tak memiliki peluang yang besar untuk naik podium Minggu (16/06/19) mendatang. Ia bisa saja melakukan hal pembeda seperti yang dilakukannya di MotoGP Prancis 2019 beberapa waktu lalu.

Ketika banyak yang berpikir ia tak akan naik podium, pembalap Spanyol tersebut nyatanya sukses naik podium pertama. Namun jalannya di Sirkuit Catalunya, Spanyol, tentunya tidak akan berjalan mulus, setelah rekan setimnya, Jorge Lorenzo juga memiliki catatan kemenangan apik di MotoGP Catalunya ini.

Lorenzo diketahui selalu menang di Sirkuit ini ketika ia masih bersua dengan Yamaha dan di balapan ini pula, ia meraih podium pertamanya bersama Ducati musim lalu. Pembalap nomor 99 itu pun berpotensi kembali naik podium lagi musim ini bersama Honda.

Si pemilik catatan terbaik Catalunya, yakni Valentino Rossi juga memiliki peluang yang besar untuk kembali naik podium musim ini setelah menuai dua catatan buruk di dua seri terakhir MotoGP 2019.

Dovizioso yang pernah menang di MotoGP Catalunya 2017 tidak menutup kemungkinan akan naik podium lagi. Apalagi perfomanya dalam dua seri balapan terakhir MotoGP 2019 terbilang apik dan selalu berhasik finis di urutan 3 besar.

Sementara itu, peraih podium pertama MotoGP Italia 2019 dua minggu lalu, yakni Danilo Petrucci tetap memiliki peluang terbuka untuk meneruskan catatan apiknya dengan dua kali kemenangan beruntun.

Sejarah MotoGP Catalunya:

Tahun 2016, Rossi sukses tampil sebagai juara di Sirkuit Catalunya. Ia menjadi yang terdepan dan meninggalkan dua pembalap Repsol Honda, Marquez dan Pedrosa yang finis di peringkat kedua dan ketiga.

Sementara rekan Rossi, Jorge Lorenzo gagal menyelesaikan balapan usai bersenggolan dengan pembalap Ducati Andrea Iannone di lap ke-17 meskipun ia tampil apik sejak awal.

Tahun 2017 menjadi tahun pembuktian bagi Andrea Dovizioso. Di Sirkuit Catalunya pada tahun 2017, terjadi persaingan sengit antara Dovi, Marquez dan Pedrosa.

Ketiga pembalap itu tercatat saling menyalip satu sama lain, sebelum akhirnya Dovi berhasil menyalip Pedrosa di lap ke-17, diikuti oleh Marquez setelahnya dan Pedrosa harus puas finis di posisi ketiga.

Sedangkan di tahun 2018 lalu, Sirkuit Catalunya menjadi milik pembalap Repsol Honda, Jorge Lorenzo. Marquez sempat unggul di awal-awal balapan, sebelum akhirnya Lorenzo bersama dengan Ducatinya sukses merebut posisi pertama dari The Baby Alien untuk selanjutnya menjadi pemimpin balapan dan menempati podium pertama di MotoGP Catalunya 2018.

Perkiraan Cuaca:

Cuaca di Sirkuit Catalunya, Spanyol diperkirakan akan sangat panas di bawah sinar matahari dan sejuk di tempat yang teduh. Tentunya cuaca ini menjadi salah satu cuaca favoritnya Jorge Lorenzo.

Pembalap yang akan bersinar:

Marc Marquez masih diprediksi akan menjadi pembalap yang bersinar di MotoGP Catalunya 2019 ini. Meskipun ia hanya naik podium satu kali pada tahun 2014, namun mengingat perfomanya yang konsisten Marquez diprediksi akan kembali bersinar di seri ketujuh MotoGP 2019.

Selain The Baby Alien, Valentino Rossi juga diprediksi akan kembali bangkit dari keterpurukannya di dua seri MotoGP 2019 yang sebelumnya.

Banyak yang menduga kalau sirkuit yang menjadi favorit The Doctor ini akan dimanfaatkannya sebagai ajang untuk kembali unjuk gigi di Spanyol, setelah sebelumnya gagal tampil mentereng di Mugello, Italia.